Yuk Jajal Kelebihan Teleskop Eropa

Kerabat muda tahu gak bahwa ternyata ada sistem tata surya lain yang ada di alam semesta ini dan teleskop Eropa berhasil mengabadikannya. Dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (24/7/2020), teleskop dari European Southern Observatory (ESO) merilis gambar pertama yang pernah ditangkap. Gambar tersebut dirilis ESO pada Rabu (22/7/2020) lalu yang menunjukkan beberapa planet mengorbit pada sebuah bintang yang mirip dengan matahari. Dalam pernyataannya, ESO mengungkapkan gambar-gambar tersebut diambil teleskop berukuran sangat besar yang berada di gurun Atacama, Chile.

Para astronom yang menemukan mengatakan jarak tata surya itu berada di 300 tahun cahaya, yang relatif lebih dekat ditinjau dari standar galaksi. Tim ini mengatakan bintang itu secara resmi dikenal sebagai TYC 8998-760-1 dan terletak di konstelasi Musca atau the Fly. Para ahli menetapkan usia tata surya tersebut hampir 17 juta tahun, sedangkan Matahari kita diyakini berusia 4,5, miliar tahun.

Studi dari penemuan gambar-gambar tata surya lain ini telah diterbitkan dalam jurnal Astrophysical Journal Letters. Alexander Bohn, peneliti utama dari Leiden University, Belanda mengatakan yang membuat temuan ini menarik adalah bintang itu adalah versi yang sangat muda dari matahari di tata surya kita. Bohn menambahkan tata surya di belahan semesta lain ini memberi gambaran lingkungan yang sangat mirip dengan tata surya kita di galaksi Bima Sakti ini, tetapi pada tahap yang jauh lebih awal dari evolusinya.

Menurut dia, pengamatan terhadap tata surya lain ini membantu ilmuwan untuk lebih memahami evolusi tata surya kita. Bohn menegaskan dengan mengambil gambar secara langsung dari teleskop ini, memberi peluang terbaik untuk mendeteksi kehidupan di luar tata surya kita.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *