Wisata Kuliner Solo di Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng Mbah Karto, salah satu kuliner populer di Kota Solo, yang kerabat muda harus datangi saat berkunjung ke sini. Tempat kuliner ini menjual ayam goreng kampung yang cita rasa yang tak berubah sejak pertama kali dibuka.

Ayam Goreng Mbah Karto memulai perjalanannya di Kabupaten Sukoharjo. Tempat ini berupa rumah makan sederhana bernuansa Jawa, terlihat dari ruang makan utama yang berupa pendopo kayu. Seperti pada warung pada umumnya, meja dan kursi kayu disediakan supaya pelanggan lebih nyaman saat makan. Walaupun nampak sederhana, tetapi Ayam Goreng Mbah Karto berhasil bertahan sampai sekarang. Tempat makan ini melayani pelanggannya sejak 1960-an. Melansir berita Kompas.com, tempat makan legendaris ini dikelola oleh generasi kedua keluarga Mbah Karto. Walaupun dikelola oleh generasi kedua, tetapi menu dan racikan Ayam Goreng Mbah Karto tetap sama dengan generasi pertama.

Ayam goreng kampung merupakan menu andalan di rumah makan ini. Nama rumah makan ini saja Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel. Kelezatan ayam goreng Mbah Karto berkat pemilihan ayam sampai bumbunya. Sajian di sini menggunakan ayam kampung muda, lebih kurang berusia 3 bulan. Ayam diungkep dalam wadah di atas kompor kayu bakar. Sebelumnya, ayam kampung diberi bumbu bacem, bawang putih, dan rempah lainnya. Setelah diungkep, barulah digoreng. Konon inilah rahasia kelezatan Ayam Goreng Mbah Karto.

Sebagai pendamping makan ayam goreng, tersedia beragam sambal di antaranya sambal blondho dan bawang. Sambal blondho yang menjadi andalan di sini, sekaligus sajian kesukaan Jokowi, terbuat dari ampas minyak endapan santan kental atau areh matang. Lalu dicampur sambal bawang. Selain sambal, dihidangkan pula lalapan, sayur urap, dan tentunya nasi putih. Usai makan, cobalah minum jamu khas Ayam Goreng Mbah Karto seperti es beras kencur, es kunyit asam, dan lainnya.

Pelanggan bisa memilih potongan ayam ukuran 1/4 ekor atau bagian kepala, hati, dan ampela. Untuk dapat menikmati satu porsi Ayam Goreng Mbah Karto siapkan budget lebih kurang Rp 20.000. Ayam Kampung Goreng Mbah Karto  berlokasi di Jalan Kepatihan No. 7, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Solo. Buka pukul 08.00-19.00 WIB. Sementara rumah makan pertamanya berada di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto No. 8, Gabusan, Jombor, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Buka pukul 07.00-20.00 WIB. Ayam Goreng Mbah Karto yang berada di Sukoharjo berjarak lebih kurang 12 kilometer dari pusat Kota Solo.

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *