Waspadai Faktor Penyebab Asma

Kerabat muda, Asma adalah suatu kondisi di mana saluran pernafasan menyempit dan membengkak serta dapat menghasilkan lendir berlebih. Kondisi ini bisa membuat penderitanya sulit bernafas dan memicu batuk, suara mengi (wheezing) saat mengeluarkan nafas, dan sesak nafas. Penyebab asma Melansir American Lung Association, tidak ada yang tahu persis apa penyebab asma. Asma cenderung diturunkan dalam keluarga dan faktor lingkungan juga mungkin memainkan peran kunci atas kehadiran penyakit ini. Ilmuwan terus menyelidiki apa yang menjadi penyebab asma. Berikut beberapa faktor ini telah diketahui memainkan peran penting dalam perkembangan asma:

1. Genetika

Asma cenderung menurun dalam keluarga. Genetika berperan penting dalam menyebabkan asma. Jika ibu atau ayah Anda menderita asma, kemungkinan besar Anda juga menderita asma.

2. Alergi

Beberapa orang lebih mungkin mengembangkan alergi daripada yang lain, terutama jika salah satu orang tua mereka memiliki alergi. Kondisi alergi tertentu terkait dengan orang yang menderita asma.

3. Infeksi saluran pernapasan

Saat paru-paru berkembang pada masa bayi dan anak usia dini, infeksi saluran pernapasan tertentu telah terbukti menyebabkan peradangan dan merusak jaringan paru-paru. Kerusakan yang disebabkan pada masa bayi atau anak usia dini dapat memengaruhi fungsi paru-paru dalam jangka panjang.

4. Lingkungan

Kontak dengan alergen, iritan tertentu, atau paparan infeksi virus saat masih bayi atau pada masa kanak-kanak ketika sistem kekebalan belum sepenuhnya matang telah dikaitkan dengan asma. Paparan bahan kimia dan debu tertentu di tempat kerja juga dapat memainkan peran penting dalam asma yang menyerang orang dewasa.

Sumber : kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *