Wajib Coba Minuman Ini Ketika Berkunjung ke Solo

Selain dikenal dengan kuliner makanannya, Kota Solo Jawa Tengah juga memiliki minuman khas yang banyak dicari oleh para wisatawan. Setidaknya ada lima macam minuman yang menjadi primadona, berikut lima macam minuman khas Solo.

  1. Es Dawet Selasih

Es Dawet Telasih menjadi salah satu minuman andalah di Kota Solo. Es dawet telasih sendiri merupakan salah satu minuman khas Solo ini berbeda dengan es dawet kebanyakan. Salah satu penjual es dawet yang terkenal di Solo adalah es dawet telasih Bu Dermi yang berlokasi di Pasar Gedhe Solo. Dalam semangkuk es dawet berisikan ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula, santan, dan tambahan es batu. Untuk rasa sudah tidak diragukan lagi, selain menyegarkan rasa manis dan gurih dari santan menambah kenikmatan minuman yang sudah dijual selama tiga generasi tersebut. Untuk harga satu mangkuk dawet telasih ini dibandrol Rp 9.000.

  1. Es Gempol Pleret

Minuman yang mengadung santan ini banyak dijumpai di Kota Solo. Gempol Pleret sendiri merupakan adonan tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus.Kemudian adonan yang sudah dimasak tersebut kemudian disiram dengan santan yang sudah diberi air gula jawa. Untuk menambah kesegaran biasanya meninuman ini ditambah es batu. Es Gempol Pleret sendiri banyak dijual di Kota Solo salah satunya di Pasar Gedhe Solo. Minuman ini banyak dicari terutama pada siang hari sebagai pelepas dahaga. Dengan rasa santan yang manis, dan Gempol Pleret yang gurih menjadikan minuman ini banyak diburu. Untntuk harga satu porsi Es Gempol Pleret dijual seharga Rp 7.000.

  1. Es Kapal

Minuman khas Solo ini sudah dikenal sejak tahun 1957. Minuman ini dijajakan dengan menggunkan gerobak dorong. Es kapal ini bisa dijumpai di Jalan Bhayangkara, Sriwedari, Solo. Minuman ini sangat cocok sebagai pelepas dahaga pada siang hari, karena terbuat dari serutan es yang menyegarkan. Es kapal sendiri terbuat dari campuran santan, serutan es, dan susu coklat. Es ini disajikan dengan sepotong roti tawar diatasnya sebagai moncong kapal, karena mirip moncong kapal itulah es ini dinamai sebagai es kapal. Untuk rasa tidak diragukan lagi, es kapal ini memiliki rasa manis, segar, dan mengenyangkan. Untuk harga satu gelas es kapal ini dijual dengan harga Rp 5.000,-.

  1. Wedang Uwuh

Minuman ini merupakan minuman herbal yang biasa dijajakan di wedangan atau rumah makan jawa. Minuman ini berisikan rempah-rempah yakni irisan jahe, kayu secang, kayu manis, cengkih, kepulaga, daun pala, pala, serai, dan gula baru. Dalam bahasa Jawa ‘uwuh’ yang berarti sampah. Hal ini karena saat penyajiannya wedang uwuh mirip tumpukan sampah yang disirap air. Namun jangan salah, meski tampilannya yang tak sedap dipandang tetapi khasiat minuman ini tak diragukan lagi. Minuman yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-Raja Mataram ini berkhasiat menjaga stamina, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatasi pegal serta capek. Minuman ini memiliki rasa manis, pedas, hangat dan beraroma harum. Wedang Uwuh 100 persen terbuat dari bahan rempah-rempah yang aman untuk dikonsumsi. Untuk harga satu gelas wedang uwuh ini biasanya dijual dengan harga Rp 5.000.

  1. Wedang Asle

Minuman menghangatkan ini banyak dijumpai di daerah Stadion Manahan, Solo. Pedangang wedang asle biasanya menggunakab gerobak untuk berkelili atau mangkal di satu tempat. Wedang Asle ini berisikan ketan, potongan roti tawar, gula pasir, agar-agar, dan santan. Minuman ini sangat cocok dinikamti ketika malam hari atau saat hujan. Rasanya yang gurih dan manis ini bisa bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Minuman ini dijual dengan harga Rp 6.000, per mangkok.

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *