UNIMMA FM: UM Magelang Meluncurkan Brand Baru UNIMMA

Diusianya yang ke 56 Universitas Muhammadiyah Magelang meluncurkan brand baru dengan singkatan Unimma universitas Muhammadiyah Magelang di Auditorium Kampus 1, Sabtu (29/8/2020).

Peluncuran dilakukan Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Dr Suliswiyadi MAg didampingi ketiga Wakil Rektor. Kegiatan juga dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota dan Kabupaten Magelang serta beberapa tokoh Muhammadiyah.

Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) Dr Suliswiyadi, M.Ag mengatakan sebutan UMM sudah dikenal di wilayah Kedu, namun untuk tingkat nasional apabila membuka google dengan menulis UMM maka akan muncul Universitas Muhammadiyah Malang.

Ia mengatakan bahwa sekarang kalau mengetik Unimma di google yang muncul pasti Unimma FM, Unimma Jurnal, Unimma Tirta, Unimma Auto Car, dan Unimma Medika yang justru menguntungkan karena semua itu adalah unit usaha atau unit kerja Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sebelum diluncurkan brand unimma telah lebih dulu dilakukan survey sekitar bulan Februari 2020, baik di intern lingkungan kampus dengan responden mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak luar adalah Alumni , beberapa tokoh dan Masyarakat. Hasilnya sekitar 50% menginginkan nama baru yaitu unimma, 30% mempertahankan nama UMM dan 20% nama lain yang tidak Visibel.

Ia menjelaskan dalam logo Unimma bagian atas terdapat bentuk ornamen islami diambil dari ornamen depan gedung universitas yang melambangkan universitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman demi terwujudnya lulusan yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia yang memiliki kemampuan akademik yang unggul dan profesional.

Kemudian tulisan Arab Muhammadiyah diambil dari logo Muhammadiyah yang dimodifikasi dan disederhanakan supaya terlihat lebih modern dan tegas. Melambangkan universitas yang berbasis pada Al Islam dan kemuhammadiyahan yang berkemajuan dan berdaya saing global.

Warna gradasi keemasan dalam logo ini melambangkan karakter kampus yang mempunyai keistimewaan dan berkarakter.

Selanjutnya tulisan Unimma merupakan akronim universitas agar lebih mudah diingat dan dilafalkan serta sebagai brand image kampus yang semakin maju dan dinamis.

Warna biru tulisan Unimma diambil dari warna langit yang melambangkan kesejukan , keramahan, dapat dipercaya, dan komunikatif dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat. 

Dengan undangan yang terbatas, pada acara ceremonial tersebut, dihadirkan video perkembangan unimma dari rektor pertama hingga rektor yang sekarang ini.
Gambaran dan pernyataan beberapa mantan Rektor, dan beberapa Dosen yang sempet membersamai para mantan rektor dengan berbagai tantangan, dinamika perjalanan kampus, serta berbagai trobosan stategi agar dari kampus kecil UMM kala itu, menjadi salah satu Kampus yang diperhitungkan ditingkat Nasional seperti sekarang ini.

Ketika ditanyakan Dampak yang jelas dari Pandemi untuk Unimma adalah interaksi perkuliahan yang jelas menjadi berubah yang tadinya tatap muka menjadi daring 100%, walaupun sesuai dengan keputusan Rektor 40% pembelajaran bisa melalui daring , begitu pandemi maka mau tidak mau harus siap 100% daring, sehingga kamipun mempersiapkan SDM, dosen, lembaga pengembangan, infrastruktur yang juga harus memadai, maka sesuai dengan komitmen unimma maka tahun 2021 Semua infrastruktur harus dikuatkan terutama dari internet dan lainnya”. Imbuh Rektor

Dampak selanjutnya , Karena Universitas negri juga pengumumannya mundur dan ini menjadi peluang bagi universitas lokal untuk menjaring mahasiswa baru . ” UNIMMA bulan September nanti sudah landing untuk Maba masa orientasi mahasiswa baru gelombang satu dengan sekitar 500 an mahasiswa baru, walaupun yang telah mendaftar 6000an namun yang sudah konfirmasi hampir 980an lebih, dengan prodi favorit PGSD dan managemen ” tambahnya.

Sedang menurut Bapak Sugiono ketua BPH Unimma ” ketika menanggapi diskusi diacara tersebut , Mengapa baru di usi 56 tahun menetapkan melakukan perubahan menjadi unimma , beliu menjawab ” angka 5 itu kan dari Rukun Islam yang jumlahnya 5 dan angka 6 adalah pada rukun Iman yang jumlahnya enam , sehingga dengan 2 dasar pokok tersebut diharapkan spiritnya menjadikan Unimma mencerahkan untuk semua, mencerahkan bangsa.

Disampaikan bahwa pembelajaran di Unimma akan mulai dilaksanakan tanggal 6 September 2020 dengan sistem daring , sedangkan pembelajaran tatap muka sudah dilaksanakan sejak bulan Juni 2020 terbatas untuk kegiatan laboratorium saja yang tidak bisa dilakukan di rumah, yaitu sekitar 5-6 mahasiswa saja dengan perhitungan 50% dari kapasitas normal laboratorium.

Sedang terkait subsidi kuota internet sampai saaat ini masih menunggu peraturan dari Mentri Pendidikan, karena berkaitan dengan alokasi dana yang akan digulirkan Pemerintah dimasa pandemi ini. Rektor menutup wawancara siang itu.

By @ Rintadwirahma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *