Unimma FM: Radiomall Puncak Peringatan Hari Radio Nasional ke 75 Tahun

Sabtu(12/09/20) Digelar dan diinisiasi oleh Artos Mall Magelang, Radio mall adalah siaran live dari Atrium Artos mall dan dionairkan di radio. Dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Radio Nasional ke 75 tahun. Event ini Bekerjasama dengan beberapa radio di Magelang Raya seperti 87,6 Unimma FM, Magelang FM, Gemilang FM dan Radio CBS Magelang.

Media Radio ditaksir akan tergerus zaman. Nyatanya, radio yang punya peran sejarah besar dalam kemerdekaan bangsa ini, hingga saat ini masih tetap bertahan mencerahkan bangsa.

Semua itu memungkinkan berkat kehadiran internet, berbagai perangkat lunak multiplatform, dan gawai cerdas yang menghiasi kehidupan manusia sehari-hari.

Radio saat ini berada dalam pusaran angin perubahan tersebut sehingga tidak bisa tidak harus beradaptasi mengikuti tuntutan zaman. Keharusan bersinergi dengan perkembangan zaman menjadi tidak terhindarkan karena tuntutan konvergensi media agar media radio tetap mampu memberikan peran bagi bangsa.

Hendry sales Event Artos Mall mengungkapkan “Radio mall diharapkan bisa mengajak orang untuk kembali mendengarkan radio lagi, sejenak mengajak mereka bisa flasback kenangan masa lalu dimana radio menjadi media suara hati yang mampu menceritakan kisah hidupnya, tidak hanya dimasa lalu bahkan dimasa sekarang yang bisa didengarkan dengan cara mobile dari internet yang sesuai perkembangan zaman”.

Itulah Kekhasan sekaligus keistimewaan radio sebagai media komunikasi yang paling cepat, Personal touch dan theater mind yang mendekatkan langsung antara penyiar dengan pendengarnya. Hal tersebut hanya lahir dari peran radio yang tidak akan tergantikan oleh media lainnya.

Radiomall unimma FM dari jam lima sore hingga jam 8 malam itu mengangkat tema “Memorable Track” dengan memutarkan lagu yang selalu diingat, dengan info seputar sejarah radio dari masa ke masa termasuk musik tokoh radio yang berpengaruh diera penjajahan sampai sekarang.

Acara memorable track sendiri adalah salah satu acara unggulan reguler disiarkan setiap jam 11.00 wib sampai jam 13.00 wib di Unimma Fm bersama Dj/penyiar Verdi Hasan. Dan khusus di acara puncak perayaan Hari Radio Nasional ini, keseruan dan pecahnya acara Radiomall adalah berkat keseruan siaran duet Verdi Hasan yang dipasangkan dengan DJ Aira yang biasa mengawangi Unimma Up Date setiap jam 13.00 wib.

Penokohkan Koes bersaudara di era radio masa penjajahan di Indonesia, dengan lagu ala era The Beatles yang pada masa penjajahan Jepang dianggap sebagai lagu yang mengisyaratkan kebebasan, mengantarkan kelompok ini mendekam dibelakang tralis besi. Kemudian Lili Suryani penyanyi legendaris bertubuh mungil yang terkenal dengan lagu “Gang Kelinci” juga sukses digambarkan radio Unimma fm sebagai penyanyi yang juga menduduki tangga lagu Indonesia saat itu.

Menyusul penyanyi dan diva lintas zaman Titik Puspa, setelah sukses menciptalan lagu Gang kelinci yang populer di tangga lagu Indonesia dan diputar di radio, dia pun merilis lagunya yang juga sempat mewarnai musik tanah air dengan lagu ciptaannya berjudul Marilah Kemari, Kupu-Kupu Malam, dan Bing.

Sejarah radio dari masa ke masa sukses diilustrasikan secara audio sebagai salah satu edukasi ke Masyarakat yang menjadi esensi mendasar diacara ini.

Antusias pendengar yang menyimak RadioMall live dari Artos Mall melalui radio dan streaming semakin terasa ketika Aira dan Verdi memutarkan suara Mr. Gong yang merupakan clue untuk mengajak pendengar dan berinteraksi di sesi tebak tebakkan melalui Aplikasi WhatsApp ke 0811 2533 876.

Pecahnya acara di Artosmall tersebut juga tidak lepas dari peran 2 penyiar yang mampu membangun “Theater mind ” pendengar untuk sejenak dibawa ke masa lalu dengan tokoh dan lagu lama Koes bersaudara khas masa penjajahan dan berangsur bergerak menuju masa kini dengan kegalauan anak milenial yang baper karena malam Minggu jomblo yang tergambarkan dengan lagu-romantis seperti milik Ada band yang berjudul Karena Wanita Ingin Dimengerti dan lagu barat dari The Corr On Radio yang sukses membuat pendengar semakin menikmati suasana.

Menanggapi perkembangan radio saat ini, Affan Rifa’I ST, M.T selaku Direktur Radio Unimma FM mengatakan “Unimma sudah mulai dan terus melengkapi berbagai sarana dan prasaran termasuk SDMnya untuk menuju konvergensi media”. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut selain memperkuat konten siar, memperkuat jaringan bisnis dan kolaborasi adalah strategi yang akan terus dibangun dan dikembangkan sesuai visi dan misi Unimma.

Radio Unimma FM sebagai lembaga penyiaran swasta adalah radio yang berizin resmi pemerintah. Selain siaran yang bisa di simak di 87,6 FM di radio analog bisa juga menyimak melalui streaming di www.876fm.com atau www.jogjastremers.com. Bagi yang menginginkan informasi dan gambaran radio Unimma lebih lengkap bisa mengakses laman kami di www.876fm.com

Masih menurut Direktur sekaligus Kaprodi Fakultas Teknik Unimma, “Saya tetap optimistis dengan masa depan medium yang mengandalkan indra pendengaran ini, Selagi orang masih punya telinga, Maka orang akan tetap mendengarkan radio”.

Pendengaran adalah indra manusia yang paling awal dan terakhir berfungsi. Karena itu audio content tidak hanya sebatas radio akan tetap didengarkan. Audio adalah secondary medium yang bisa berjalan beriringan dengan medium lain tanpa harus saling mengganggu. Itu sebabnya akan selalu menjadi compliment dari berbagai media.

Alasan lain mengapa radio tidak perlu khawatir karena perubahan selalu melahirkan peluang baru. Misalnya mendulang pemasukan dari aktivitas Webbinar berbasis on line, membuat vlog atau video yang bersponsor. Selain itu perusahaan juga bisa mendapat tambahan pemasukan dari YouTube, laman web, sosmed dan peluang lainnya yang muncul seiring perkembangan zaman.

#Ayodengarradio adalah kampanye yang akan terus digaungkan sehingga industri radio tidak akan ditinggalkan tentu dengan komitmen untuk terus melakukan perubahan sesuai kebutuhan zaman. Selamat Hari Radio Nasional ke 65 tahun, radio semakin mencerahkan negri.

#ayodengarradio #ayodengarradio #ayodengarradiounimma #unimmafmmagelang #unimmafm #radiomall #radiomallunimmafm #artosmall #artosmallmagelang

Thanks to @876unimmafm @artosmall @hestanto.web.id @candraituaku @ddesiariani_

By.@rintadwirahma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *