Unimma FM : Borobudur Marathon Dilaksanakan 15 November 2020

Setelah sukses menyelenggarakan Borobudur Marathon 2019, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank Jateng kembali berkolaborasi bersama Harian Kompas di tahun ini. Borobudur Marathon 2020 akan dilaksanakan pada Minggu, 15 November 2020 di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan saat konferensi pers pada Selasa, 8 Septermber 2020 di Puri Gedeh, Semarang, Jawa Tengah, yang dihadiri oleh Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, Supriyatno selaku Direktur Utama Bank Jateng, Budiman Tanuredjo selaku Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Liem Chie An selaku Ketua Yayasan Borobudur Marathon dan Tigor Tanjung selaku Sekretaris Umum PB PASI.

Hatapan Gubernur Jateng “Eventnya tetep ada, harapnnya para pelari Semangaatnya tidak pernah putus, dan bagi panitia saya ucapkan trimaksih setelah melului diskusi panjang akhirnya memutuskan bahwa eventnya tetap ada walaupun dengan cara-cara baru”

Ini adalah semacam estafet event di Jawa Tengah tour de Borobudur, Borobudur Marathon dan event lainnya , sehingga hampir setiap Minggu selalu ada event tentu saja dengan pemberlakuan sistem dan cara cara baru yaitu elite ,pelarinya kita unndang hanya untuk 30-50 pelari dan publik bisa turut serta dengan cara virtual” ujar Ganjar Pranowo.

Elite run hanya akan diikuti secara langsung oleh 30-50 elite runner yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan telah memenuhi beberapa aspek persyaratan. Sedangkan untuk virtual akan diberikan pilihan dalam 4 kategori yaitu marathon, half marathon, 10k dan friendship

Tema Borobudur Marathon tahun ini adalah Rhythm of Soul atau ritme jiwa yakni sebuah manifestasi dari irama berbeda yang berkolaborasi menjadi satu : panitia, pemerintah, sponsor, dan orang-orang lokal yang mencurahkan hati dan jiwa mereka.

Lebih jauh lagi yang dalam bahasa Jawa dikenal “laras raga, laras jiwa lan laras buana’’, yaitu menyeimbangkan tubuh, jiwa dan alam secara harmonis. Semangat ini kemudian dicerminkan padapenyelenggaraan Borobudur Marathon 2020, untuk bersama-sama bergerak dalam satu

ritme dalam semangat dan antusiasme dengan tujuan menciptakan dampak bagi masyarakat Elite run hanya akan diikuti secara langsung oleh 30-50 elite runner yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari Persatuan Atlit Seluruh Indonesia (PASI) dan telah memenuhi beberapa aspek persyaratan. Sedangkan untuk virtual akan diberikan pilihan dalam 4 kategori yaitu marathon, half marathon, 10k dan friendship.

Dukungan dan apresiasi disampaikan oleh Tigor Tanjung selaku Sekretaris Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), bahwa Borobudur Marathon dapat menjadi kesempatan bagi atlet-atlet untuk berlatih kemampuan bertanding dan mewujudkan gaung.

“PB PASI selama ini dalam posisi adalah mendampingi pelaksanaan Borobudur Marathon dari sisi teknis, sehingga semua bisa berjalan sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh World Athletics’’, tambah beliau.

Kesuksesan Borobudur Marathon tentunya tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, tahun ini , Bank Jateng kembali memberikan dukungannya dengan mempersembahkan “Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng”. Kolaborasi Harian Kompas dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan dengan dukungan penuh Bank Jateng diharapkan dapat membawa Borobudur
Marathon untuk dapat membangkitkan parisiwata dan ekonomi masyarakat di Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *