Search

Tips Sederhana Merawat Kain Batik

Selamat Hari Batik Nasional kerabat muda. Mungkin anda memiliki koleksi batik dengan kualitas yang baik salah satunya adalah batik tulis. Bukan hal yang mudah untuk merawat batik tulis salah salah malah bisa merusak batik tersebut. Yuk intips cara merawat kain batik yang baik dan benar

1. Saat mencucinya, jangan pakai deterjen gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran. Atau, cuci kain batik dengan shampo rambut.  Mencuci batik juga bisa dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah diredam air hangat. Caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai mengeluarkan busa, lalu tambahkan air secukupnya, dan siap untuk mencuci batik. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak kain.

2. Sebaiknya, jangan mencuci batik dengan mesin cuci.

3. Saat akan menjemurnya, batik yang basah tak perlu diperas. Dan jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.

4 . Simpan batik kesayangan Anda dalam plastik agar tak dimakan ngengat. Saat disimpan dalam lemari jangan diberi kapur barus, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik.

Mudah kan kerabat muda dan selamat mencoba.

Sumber : Kompas




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *