Tips Menghias Rumah dengan Tanaman Hias

Kerabat muda, penata interior dan tanaman terkemuka, Hilton Carter memiliki lebih dari 200 tanamannya di apartemen miliknya di Baltimore, Amerika Serikat. Tanaman itu memenuhi setiap sisi apartemen, namun tetap ditata dengan apik. Bagi Hilton, tanaman yang ada di dalam ruangan, selalu berhasil membuatnya merasa lebih baik. “Tanaman adalah cara menciptakan momen pelarian di dalam rumahmu sendiri, membawa dunia luar ke dalam,” katanya. Hilton pun mengabadikan tanaman yang ada di apartemannya di akun Instagramnya sekaligus membagikan tips. Dia percaya tidak ada yang namanya terlalu banyak tanaman hijau di dalam ruangan, asal kamu bisa menatanya. Berikut, adalah tips sederhana dari Hilton untuk kamu yang ingin mendekorasi rumah dengan tanaman hijau.

1. Kelilingi tempat duduk dengan tanaman Lihat Foto Ilustrasi tanaman dalam ruang(shutterstock) “Kekuatan yang dimiliki tanaman di rumah bersifat transformatif,” jelas Hilton. Letakkan tanaman di sekitar tempat duduk, entah itu di ruang bersantai, teras rumah, hingga ruang makan. “Dengan meletakkan tanaman dengan cara yang tertata, pemilik rumah dapat menciptakan tempat yang menarik bagi semua orang,” kata Hilton.

2. Hiasi ruang makan dengan tanaman Lihat Foto Ilustrasi tanaman di dalam rumah.(SHUTTERSTOCK) Tidak seperti vas bunga, kata Hilton, tanaman bisa menghidupkan ruang makan dalam waktu yang lama. Kamu bisa meletakkan tanaman yang berukuran sedang seperti jenis palem-paleman di pojok ruang makan dan menambahkan tanaman pothos emas dan jenis philodendron untuk melengkapinya. Tambahan rak kecil untuk meletakkan tanaman di ruang makan, juga akan memberikan sentuhan manis.

3. Letakkan tanaman secara berdekatan Lihat Foto Ilustrasi tanaman dalam ruang(shutterstock) “Terkadang lebih banyak lebih baik,” kata Hilton. “Saya suka situasi bahwa seolah-olah alam bebas hadir dalam suatu ruang,” katanya. Meletakkan tanaman secara berdekatan akan memberikan nuansa alam dalam ruangan. Namun Hilton mengimbau agar semua tanaman yang kamu letakkan tidak tumpang tindih dan dirawat dengan baik.

4. Susun secara vertikal Lihat Foto Tanaman kaktus yang dipajang di Prick Cacti Shop (www.gardenista.com) Jika kamu memiliki tembok yang tinggi di rumah, kamu bisa menggantung tanaman-tanaman gantung seperti pakis kecil dan spider plant. Tanaman merambat juga bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin mengisi tembok dengan tanaman yang disusun secara vertikal.

5. Selipkan tanaman ke ruang yang tak terduga. Tambahkan sentuhan hijau dengan menempatkan tanaman di tempat-tempat tak terduga seperti meja kerja, ruang belajar anak bahkan kamar mandi sekalipun. Coba gantung tanaman di langit-langit atau letakkan di rak di atas tempat tidurmu. Selain menambah cantik, tanaman di ruang tidur juga akan memberikanmu udara yang segar karena mereka melepaskan oksigen yang baik untuk pernapasan kita.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *