“Tilik”, Film Pendek yang Viral Di Media Sosial

Dunia maya sedang dihebohkan dengan salah satu film karya anak bangsa berjudul Tilik. Film pendek Jogja yang diproduksi Ravacana Films dengan Dinas Kebudayaan DIY tersebut berhasil merebut perhatian penonton.

Film yang mengambil latar tempat di Bantul dan Sleman ini diproduksi pada 2018 lalu. Sementara, masyarakat mulai bisa menyaksikan film berdurasi 30 menit ini setelah secara legal diunggah ke YouTube pada 17 Agustus 2020 kemarin.

Tilik sendiri mengisahkan rombongan ibu-ibu yang menempuh perjalanan dengan truk untuk menjenguk Ibu Lurah di rumah sakit. Dalam bahasa Jawa tilik berarti menjenguk orang sakit.

Sepanjang perjalanan, Bu Tejo (Siti Fauziah) menjadi orang yang paling banyak berbicara. Ia kerap membicarakan seorang perempuan muda bernama Dian, kembang desa di tempat mereka berasal.

Tanpa memastikan informasi yang valid, Bu Tejo membahas berbagai hal tentang Dian. Bahkan ia curiga Dian yang masih melajang adalah perempuan ‘nakal’ karena satu dan lain hal dari kejadian yang ia saksikan.

Ibu-ibu lain terpancing membicarakan Dian lebih dalam, atau dengan kata lain bergosip. Spekulasi yang mereka dengar terus dikembangkan hingga Dian terasa seperti sosok negatif.

Pada 2018 lalu Tilik berhasil meraih penghargaan kategori Film Pendek Terpilih Piala Maya 2018. Selain itu film ini juga menjadi Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Sumber: cnn indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *