Tertib ,Pengundian dan Penetapan Nomer Urut Dan Daftar Pasangan Calon Wali Kota Dan Wakil Wali kota Magelang

(87,6Unimmafm) Magelang_ Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomer Urut Dan Daftar Pasangan Calon  Wali kota Dan Wakil Wali kota Magelang dalam  Pemilihan Serentak 2020 berjalan tertib di Atria hotel Magelang, Kamis (24/9).

Dengan hasil pengundian nomer urut dan daftar pasangan calon untuk nomer 1 adalah dr. H.Muhammad Nur Azis, Sp.PD dan KH. Drs H M.Mansyur , M.ag, Sedang nomer urut 2 Aji Setyawan S.Ikom M.M dan  Dra. Windarti Agustina.

Selanjutnya hasil pengundian nomor urut pasangan calon ditetapkan dengan keputusan KPU Kota Magelang Nomor : 81/PL.02.2-Kpt/3371/Kota/IX/2020.

Tahapan setelah penetapan ini adalah kampanye selama 14 hari mulai 26 september -5 desember 2020.

Terkait dengan masa kampanye dan ada Paslon yang merupakan petahanan,  Ketua KPU Kota Magelang menyatakan ” Untuk cuti Paslon petahanan  secara administrasi syah, karena mereka memasuki masa kampanye sekitar 71 hari“.

Surat cuti telah  diserahkan ke KPU selama masa kampanye, sedang untuk Anggota DPRD, TNI/Polri  harus mengundurkan diri yang berupa  surat pernyataan mengundurkan diri, maka suratnya surat pernyataan mengundurkan diri , 5 hari dari penetapan ini, surat  permohonan diri penyataan pengunduran diri  ke pejabat serta surat pernyataan pengunduran diri telah berjalan, nantinya surat keputusan pengunduran diri itu diserahkan KPU 15 hari sebelum pemungutan suara.

Masih menurut Pak Basmar ” Terkait dengan kegiatan kampanye kan dari PKPU no 13 ada perubahan,  Ada metode kampanye yg dilarang yaitu dalam bentuk lain, seperti rapat umum, lomba olah raga, pentas seni dan sebagainya.

Yang diperbolehkan adalah kampanye terbatas, tatap muka maksimal 50 orang, disarankan kampanye secara virtual media daring.

Undangan pada acara penetapan ini adalah Paslon, Bawaslu dan disaksikan oleh Forkominda yang dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta integritas  yang lebih difokuskan untuk memprioritaskan protokol kesehatan.

Sedang dengan hasil pengundian nomer urut,  Menurut paslan nomer urut 1 dengan hasil pengundian nomer urut 1 yang diperolehnya, Calon Wawali KH Mansyur menyatakan ” angka 1 adalah simbol kejuaraan,  simbol nomer 1 adalah seperti huruf Alif pada huruf Hijaiyah artinya cinta kasih dan kasih sayang , maka kami bisa dicintai rakyat dan pemimpinnya agar mendapatkan dukungan optimal dari rakyat , sehingga kami bisa membimbing mengayomi rakyat”.

Untuk nomer urut 2 Ajie Setyawan dan  Windarti Agustina ketika dikonfirmasi tentang nomer urutnya  Ajie menyatakan ”  tidak masalah dan diterima saja, yang penting nanti menang ” 

Tentang makna angka 2 menurut Paslon ini , adalah berarti Viva perdamaian, bisa juga sarangheo juga .

Pengamanan pada acara ini termasuk ketat, bahkan diturunkan 500 anggota kepolisian untuk  hari ini.

Polres  kota Magelang berkomitmen fokus pada penegakan protokol kesehatan, sehingga personil keamanan yang diturunkan sekitar 500 orang. Hal ini karena akan lebih mudah untuk menghimbau masyarakat agar pencegahan penularan Covid lebih maksimal.

Kapolres Magelang juga mengapresiasi pada masing-masing Paslon yang telah berhasil menghimbau para pendukungnya untuk tidak ikut  dalam kegiatan hari ini.

Selama masa kampanye polres juga tetap fokus pada pencegahan penularan sesuai protokol kesehatan sehingga tidak ada pengerahan massa.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat selama masa kampanye ini,  ” Agar kita fokus pada pencegahan penularan Covid 19 sehingga Masyarakat tetap stay dirumah, jika ada keperluan keluar memakai masker, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan “.

Untuk Paslon  agar memberikan himbauan para pendukungnya untuk mematuhi Pakta Integritas yang tadi sudah disepakati, imbuh Kapolres Kota Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *