Terapkan New Normal , Aman Periksa di Balkesmas Magelang

Sejak bulan Juni 2020 pemerintah sudah menerapkan new normal di beberapa daerah di Indonesia. Masyarakat mengganggap keadaan ini sudah baik-baik saja dengan adanya kata new normal. Padahal walaupun new normal keadaan Indonesia belum benar-benar normal. Sebenarnya apa itu new normal ?.

Dalam talkshow di radio unimma dr. Prima Kartika Sari, Sp.P., M.kes dari Balkesmas wilayah Magelang (kamis,9/7) menjelaskan definisi new normal “menurut kemendikbud new normal adalah keadaan normal yang baru, jadi keadaan yg belum pernah ada sebelumnya”. Pada era new normal ini masyarakat harus ada perubahan perilaku agar tetap bisa menjalankan aktivitas secara normal namun di barengi dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19.

Balkesmas atau Balai Kesehatan masyarakat wilayah Magelang yang terletak di Magersari, kecamatan Magelang Selatan ini telah mempunyai protokol kesehatan yang sesuai anjuran WHO sehingga masyarakat bisa memeriksakan diri dengan aman. Hal tersebut dilakukan dengan merubah perilaku sesuai dengan protokol new normal. dr. Prima salah satu Nara sumber di Talkshow tersebut, mengatakan bahwa “Nakes telah melakukan hal seperti menggunakan masker, memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak 1 meter”. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan dan kemanan masyarakat yang akan memeriksakan diri ke Balkesmas.

Ketika ditanyakan tentang Penerapan protokol khusus di tempat kerja, ibadah, dan tempat sekolah. Taufik Hidayat, S.kep., Ns menjelaskan bahwa “setiap tempat mempunyai protokol sendiri baik di tempat kerja, sekolah, tempat ibadah dan di kendaraan umun bahkan ketika olahraga pun juga ada protokolnya”. Protokol sebelum olahraga yang bisa dilakukan masyarakat adalah mengecek tubuh yang fit. Apabila memiliki tanda-tanda seperti pilek, batuk dan demam diatas 38° sebaiknya tidak perlu olahraga di luar rumah.

Dengan suasanya Talkshow yang mencair bersama peyiar Radio Unimma Verdi Hasan, dr. Prima dan Taufik menjelaskan dengan ringan ,menyenangkan sesekali diselingi canda sehingga membuat pendengar nyaman untuk terus mendengarkan. Pendengar radiopun, sangat antusias dengan tema talkshow ini. Bahkan ditanyakan tentang protokol kesehatan bagi pesepeda yang akhir-akhir ini menjadi trend. Taufik menjawab bahwa protokol untuk pesepeda seperti “harus menggunakan masker, sering mencuci tangan, dan bersepeda dengan jarak 20 meter dengan pesepeda lainnya”.

Terkait dengan penerapan New Normal, Balkesmas Magelang sebagai salah satu institusi kesehatan yang berada di Magelang ,tetap menghimbau Masyarakat untuk tetap memakai masker dan patuhi protokol kesehatan baik ketika akan berobat ke Balkesmas maupun di manapun tempat beraktivitas agar tetep sehat dan aman dari penularan Covid 19.

Penulis : Elma Masitawanti
Editor : Rinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *