Teknologi Sensor Elastis Bisa Buat Robot dan VR Rasakan Sentuhan Seperti Manusia

Perkembangan teknologi VR (Virtual Reality) saat ini cukup hebat, dimana terdapat banyak hal yang telah dihadirkan dengan menggunakan teknologi tersebut. Namun saat ini masih terdapat pembatas antara dunia VR dengan dunia asli, pembatas tersebut adalah tidak bisanya kita menyentuh objek di dalam dunia VR.

Hal tersebut yang membuat pera peneliti dari Cornell University tertarik untuk mengembangkan sensor yang dapat mendeteksi objek yang ada di dunia nyata dan nantinya dapat ditampilkan ke dalam VR. Teknologi ini hadir dalam bentuk sebuah sarung tangan elastis yang dibekali dengan beberapa sensor di bagian jari-jarinya.

Tidak hanya berguna bagi manusia, teknologi ini pun diketahui juga dapat dimanfaatkan robot agar mereka juga dapat merasakan objek di dunia nyata. Mungkin ke depannya robot sudah bisa mengetahui benda apa yang sedang mereka pegang dengan menggunakan sensor tersebut.

Rob Shepherd selaku kepala penelitian tersebut mengatakan bahwa saat ini teknologi tersebut sudah mulai selesai. Meskipun cukup sulit untuk mengukur seperti apa rasa sentuhan di dunia nyata, teknolog ini membuat mereka dapat membuat hubungan interaksi terutama untuk sentuhan.

Selain itu Shepherd juga mengatakan bahwa teknologi tersebut juga akan sangat berguna untuk perkembangan VR dan AR yang berbasis motion capture. Pasalnya sensor ini dapat memberitahu sebagaimana tekanan yang harus diberikan ketika sedang melakukan sesuatu, contohnya ketika sedang memperbaiki mobil dan mengganti rodanya.

Sumber: indozone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *