Teknik Industri UNIMMA

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti : produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, perencanaan dan pengembangan strategi untuk desain optimal manajemen perusahaan.

Sistem Manufaktur salah satu bidang keilmuan yg dipelajari di Teknik Industri. Bidang studi ini menggunakan pendekatan teknik industri dalam rangka meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral dalam sebuah industri. Adapun faktor-faktor yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah integrasi antara manusia, mesin, material, energi, dan informasi yang dilakukan melalui proses perencanaan, perancangan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan terus menjaga harmonisasi antara manusia dengan lingkungan kerjanya. Lebih spesifik, beberapa bidang keilmuanĀ  dalam sistem manufaktur antara lain Sistem Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, dan Ergonomi.

Dalam Manajemen Industri, pendekatan teknik industri dimanfaatkan dalam aktivitas penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha yang dilakukan melalui fungsi dan proses manajemen. Adapun tujuan utamanya adalah keunggulan sumber daya manusia sendiri dalam menghadapi berbagai dampak yang mungkin timbul di dalam lingkungan usaha dengan sifat yang dinamis. Beberapa jenis bidang keilmuan yang secara khusus akan dibahas dalam manajemen industri antara lain Ekonomi teknik, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Keputusan, Manajemen Inovasi, dan Manajemen Kualitas.

Sarjana teknik Industri akan banyak dibutuhkan perusahaan untuk mengolah informasi dan sumber daya pendukungnya. Mengingat perkembangan teknologi saat ini menuntut perusahaan mampu menerapkan teknologi informasi agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen masa kini dan masa mendatang.