Taman Ritsurin: Keindahan Hasil Karya Manusia

Taman Ritsurin (栗林 公園) adalah taman lanskap di Kota Takamatsu, Prefektur Kagawa, yang dibangun oleh penguasa feodal lokal selama Periode Edo awal. Taman ini termasuk ke salah satu taman terbaik di Jepang, Seringkali taman Ritsurin direkomendasikan masuk ke daftar 3 taman paling indah bersama dengan Kenrokuen di Kanazawa, Kairakuen di Mito, dan Korakuen di Okayama.

Taman luas ini memiliki banyak kolam, medan yang berbukit, pohon bersejarah, dan paviliun indah yang terbagi menjadi taman gaya Jepang di selatan dan taman gaya barat di utara. Taman-taman berada di depan hutan Gunung Shiun yang berfungsi sebagai latar belakang yang indah.

Pada tahun 1953, Taman Ritsurin diberi gelar Tempat Istimewa Keindahan Alam (Nihon no Tokubetsu Meisho).

Tidak hanya taman dengan megahnya seluas 16 hektar, tetapi juga bukit yang dipenuhi dengan pepohonan menambahkan impresi bahwasannya taman ini tidak ada ujungnya. Penggabungan pemandangan Gunung Shiun di luar taman di barat, adalah hal yang sering digunakan pada taman Jepang, bahkan yang dalam skala yang jauh lebih kecil, dan dikenal sebagai “meminjam pemandangan”.

Teknik ini juga ditambahkan secara hati-hati dalam penempatan bukit dan 6 kolam. Dikombinasikan dengan Pohon Pinus Hitam dan berbagai bunga, penempatan ketigabelas bukit buatan menjamin setiap langkah, pemandangan akan berubah.

Rumah teh atau yang lebih dikenal sebagai Kikugetsu-tei diawal Era Edo (1640) dibangun disebelah salah satu kolam menjadikan pemandangan yang menawan. Taman ini merupakan salah satu yang taman klasik terindah di Jepang. Saat musim gugur Anda dapat menikmati bulan purnama dari Kikugetsu-tei.

Anda dapat mengitari taman dalam waktu satu atau dua jam, tetapi alangkah baiknya untuk menghabiskan waktu lebih lama. Lagipula, ini adalah lokasi pariwisata terbaik di Takamatsu dan banyak pemandangan untuk dinikmati, termasuk dari berbagai macam jembatan yang melewati kolam-kolam, terdapat pameran kerajinan juga yang dapat Anda kunjungi dan tentunya menikmati teh hijau pahit di Kikugetsu-kei sambil menikmati pemandangan taman yang memukau.

Sangat direkomendasikan untuk menyisihkan waktu untuk melihat ikan Koi di kolam dan hanya duduk dan menikmati atmosfir yang nyaman di taman itu.

Jam Buka:

Januari: 7:00 – 17:00
Februari: 7:00 – 17:30
Maret: 6:30 – 18:00
April dan Mei: 5:30 – 18:30
Juni, Juli dan Agustus: 5:30 – 19:00
September: 5:30 – 18:30
Oktober: 6:00 – 17:30
November: 6:30 – 17:00
Desember: 7:00 – 17:00

Tiket: Dewasa 410 yen, Anak-anak 170 yen *gratis pada tanggal 1 Januari (Tahun baru) dan 16 Maret (Ulang tahun pembukaan taman).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *