Talkshow : BPJS Kesehatan Arahkan Peserta Gunakan Fitur Chika dan Vika

Tranformasi digital terus dilakukan oleh banyak pelaku bisnis. Upaya ini kian menjadi keharusan guna menjawab berbagai perubahan strategi pemasaran dan mengoptimalkan konsumen di dalamnya. Tidak ketinggalan, BPJS Kesehatan juga terus berbenah untuk memperkuat kanal digitalisasinya. Setelah memiliki aplikasi Mobile JKN, kini layanan BPJS Kesehatan diperkuat dengan kehadiran Chat Assistant JKN (Chika) dan Voice Interactive JKN (Vika).

“Layanan ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta dari generasi milenial, jadi orangtuanya bisa dibantu menikmati layanan ini melalui hp anaknya yang masih berusia muda,” kata Suwarto Kepala SDM Umum dan Pelayanan publik, saat Talkshow di radio Unimma FM Selasa (14/07/2020).

Kedua fitur itu memiliki keunggulan dapat diakses tanpa memandang waktu dan lokasi. Sehingga, peserta JKN-KIS tidak perlu keluar rumah untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan guna menyelesaikan berbagai keperluan.

Chika dari BPJS Kesehatan merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatbot yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence. Chika dapat diakses melalui media sosial seperti Facebook Messenger (BPJS Kesehatan), Telegram (BPJSKes_bot) dan Whatsapp (08118750400).

Melalui Chika, peserta JKN–KIS dapat mengakses berbagai pelayanan, seperti cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Sementara Vika merupakan layanan informasi menggunakan mesin penjawab. Di sini, konsumen dapat mengecek status tagihan dan status kepesertaan dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Hadirnya Chika dan Vika diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhan mereka.

“Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seluruh peserta JKN-KIS, karena zaman sekarang sudah hampir semua kalangan memiliki media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Telegram. Apalagi di masa sekarang ini, masyarakat diimbau lebih baik di rumah saja untuk menghindari penyebaran Covid-19″ masih menurut Pak Suwarto

Ketika ditanyakan oleh salah satu pendengar Talkshow Radio Unimma ” Apa data yang dipersiapkan peserta jika menggunakan 2 fitur tersebut? ” dijelaskan oleh pak Warto ” Siapkan saja no id kartu BPJS nya , KK, KTP sesuai arahan fiturnya, selanjutnya akan diarahkan produk layanan dari fitur tersebut dengan angka, misal angka 1, 2 dan 3 atau seterusnya , sesuai apa yang hendak ditanyakan peserta “.

Pelayanan 2 fitur Chika dan Vika adalah 24 jam dan responnya juga cepat. Sehingga peserta lebih cepat mendapatkan kepastian informasi serta layanan yang lebih cepat kapan saja dimana saja.

Fitur ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menjadi jawaban bagi peserta JKN-KIS yang sedang membutuhkan informasi kepesertaan JKN-KIS kapan saja dan dimana saja.

“Harapannya, peserta JKN-KIS sudah tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan. Kini, layanan yang bisa diakses oleh peserta di ponsel mereka semakin banyak,” pungkas Pak Suwarto pria asal Purwokerto tersebut.

By. Rinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *