Soto Pelajar Bikin Nagih

(@876Unimmafm) Magelang terkenal karena banyaknya tempat wisata. Namun selain wisatanya, kuliner Magelang tidak pernah gagal mengundang selera makan. Salah satunya adalah soto pada tempat makan yang satu ini.

Jika kerabat muda berkunjung ke Candi Borobudur, tidak ada salahnya mampir ke tempat makan yang satu ini. Soto Pelajar 99 atau lebih dikenal dengan Sopel, ada di Jalan Letnan Tukiyat No. 99, Nglerep, Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Tepatnya, persis di seberang SMA Negeri 1 Kota Mungkid, sehingga mudah untuk dijumpai.

Saat memasuki warung makan ini, kerabat muda akan disambut dengan harumnya kuah soto. Seperti namanya, Sopel menyediakan satu menu yaitu soto. Soto di tempat makan ini memiliki ciri khas rasa jamu karena menggunakan banyak rempah sehingga kaya akan rasa. Dipadukan dengan perasan jeruk nipis dan sambal semakin menambah kesegaran soto.

Hampir sama seperti soto pada umumnya, dalam semangkuk soto ini berisi bihun, nasi dan suwiran daging ayam. Namun, yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna coklat bening. Menikmati semangkuk soto sudah dapat membuat kerabat muda kenyang.

Sopel menyediakan beberapa pilihan soto diantaranya soto kulit, soto balungan, soto sayap dan soto paha. Dengan harga pelajar yaitu mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 11.000, kerabat muda sudah dapat menikmati semangkuk segarnya soto. Selain itu, kerabat muda dapat memilih sendiri berbagai macam lauk diantaranya sate usus, sate telur puyuh, sate hati, gorengan, dan baceman. Harga lauk dibandrol dari harga Rp 500 sampai Rp 3000 sehingga tidak akan menguras kantong.

Sopel buka setiap hari mulai pukul 06:30 – 16:30 WIB. Namun, untuk hari Minggu buka pada pukul 06:30 – 16:00. Biasanya, pada jam-jam sarapan dan makan siang seperti pukul 10:00 – 13:00 WIB, Sopel akan penuh dan terkadang pembeli harus antre tempat duduk. Jika berkunjung pada hari Minggu, kerabat muda juga harus pintar-pintar mencari tempat duduk, karena tempat ini sangat ramai.
.
Faradila Untidar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *