Simulasi AKB Pilwalkot Kota Magelang 2020

(876Unimmafm) Kota Magelang-Merupakan tantangan tersendiri untuk melaksanakan perhelatan besar seperti Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini dalam kondisi bencana non alam Covid19. Sabtu (10/10).

Oleh karena itu salah satu upaya penyelenggara untuk menyusun dan merancang peraturan tentang pelaksanaan pemungutan suara dengan format yang tepat dilakukan dalam bentuk simulasi pemungutan suara di TPS seperti yang digelar oleh KPU RI pada hari ini di Lapangan Candi Nambangan, Kel. Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid19 ini merupakan simulasi ke-4 yang sudah dilakukan oleh KPU RI.

” Acara ini adalah ikhtiar penyelenggara untuk mencari format yang tepat dalam rangka penyelenggaraan pilkada dimasa pandemi khususnya pada saat pemungutan suara.

Melihat fenomena dari tahapan pendaftaran pencalonan yang lalu bahwa dalam pelaksanaannya memiliki potensi penularan Covid19, oleh karena itu penyelenggara berupaya untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat yang akan menggunakan Hak Pilihnya di TPS.”

Berdasarkan pelaksanaan simulasi pada hari ini, KPU RI akan melakukan evaluasi simulasi tersebut, juga secara terbuka akan menerima saran dan masukan untuk kemudian ditindaklanjuti.

” Kedisiplinan memang tidak diatur dalam undang-undang oleh karena itu dalam konteks pilkada mari bersama disiplin untuk menerapkan protokol pencegahan dan pengendalian Covid19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir pada saat berada didalam TPS. ” disampaikan oleh Komisioner KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutan pembukaan simulasi.

(tn/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *