Sering Mengantuk di Tengah Jam Kerja? Lakukan 7 cara ini!

Jam usai makan siang terbilang rawan bagi sebagian pekerja. Rasa kenyang bercampur kantuk luar biasa bisa membuat Anda malas bekerja.

Secangkir kopi kerap jadi pilihan utama. Namun, terlalu banyak konsumsi kopi juga tak baik untuk tubuh.

Untuk itu, Anda tampaknya perlu mencari solusi lain mengatasi rasa kantuk yang muncul di tengah jam kerja. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Bergerak

Sebaiknya jangan ikuti keinginan mata untuk terpejam. Ajak tubuh bergerak dengan keluar dari ruangan, berjalan-jalan sebentar, atau sekadar menyapa teman di seberang meja.

“Anda mungkin merasa bersalah karena menghabiskan beberapa menit keluar dari meja, tetapi Anda bakal lebih produktif saat Anda kembali dalam kondisi lebih segar,” kata ahli kesehatan Kimberly Petrosino, mengutip dari Bustle.

2. Tambah asupan air

Kurang asupan cairan bisa membuat Anda kurang fokus. Sebuah analisis yang diterbitkan di Physiological Reports menunjukkan hubungan antara dehidrasi akibat olahraga dan penurunan performa fisik serta penglihatan.

Petrosino menyarankan untuk selalu menyediakan botol minum yang bisa Anda isi ulang kapan pun.

3. Makan camilan

Rasa lelah bisa muncul karena Anda sebenarnya merasa lapar. Sebaiknya pilih makanan ringan yang tidak terlalu tinggi kalori agar tidak mengganggu makan besar Anda.

Sediakan camilan di sela sarapan dan makan siang, juga di sela makan siang dan makan malam.

Mengutip dari Medical News Today, usahakan menyediakan makanan ringan yang mengenyangkan sekaligus memberikan energi lebih seperti kacang-kacangan, granola, telur rebus, yogurt, atau potongan buah segar.

4. Secangkir kafein

Anda bisa mengandalkan kafein sebagai stimulan agar tetap melek seharian. Tak harus selalu kopi.

Buat sebagian orang yang memiliki toleransi rendah pada kafein tetapi tetap ingin memberikan sedikit ‘tendangan’ untuk menghadapi hari disarankan untuk minum secangkir teh.

Untuk memperoleh efek stimulasi, coba seduh teh hijau atau teh hitam.

Stimulasinya tidak akan sekuat kafein pada kopi, tetapi bisa menambah energi sepanjang hari dengan perlahan.

5. Tidur siang singkat

Quick nap alias tidur siang singkat membantu tubuh tetap berenergi, apalagi jika Anda bakal melalui sif malam yang panjang.

Ambil waktu sekitar 10-20 menit selama jam makan siang. Pasang alarm agar Anda tidak terlalu lama tidur atau quick nap malah membuat Anda makin lemas.

6. Hirup aroma tajam

Cara cepat untuk membuat Anda terjaga adalah dengan menghirup aroma atau wewangian tertentu.

Sediakan minyak esensial dengan wangi kayu putih, peppermint, bergamot, lemon, atau wewangian jenis sitrus lain.

Aroma seduhan kopi yang baru digiling juga bisa membuat orang melek dan membangkitkan kewaspadaan.

Cukup dengan menghirup aromanya, Anda bisa memperoleh efek mirip dengan saat meminum kopi.

7. Beri pijatan

Ahli kesehatan holistik, Sarah Jacobs mengatakan, memijat diri sendiri mampu melancarkan peredaran darah dan menstimulasi sistem saraf.

“Menggosok bagian belakang leher Anda sendiri dan di kulit kepala dapat memberikan sentakan energi, serta bantalan antara ibu jari dan jari telunjuk dan telinga Anda,” kata Jacobs.

Source: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *