Rumah Hobbit Di Bukit Grenden Magelang

Tahu film Lord of The Rings dan The Hobbit ? Tentu tahu mengenai rumah milik Bilbo Baggins dan juga Frodo. Rumah milik bangsa Hobbit ini sekarang ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri di kalangan para wisatawan. Lokasi dari rumah Bilbo Baggins ini ada di New Zealand. Dan tidak harus jauh ke manca negara di Magelangpun ada rumah hobbit. Rumah-rumah itu berukuran kecil, terbuat dari kayu dan bambu, beratapkan rumbai.

Adalah tempat wisata alam Bukit Grendel di Dusun Grendeng, Desa Punong, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Yang terletak di Taman Nasional Gunung Merbabu di Dusun Grenden, Desa Punong, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang secara resmi dibuka sebagai destinasi wisata alam baru dengan spot pegunungan Merbabu pada 2017 lalu.  Destinasi wisata tersebut bernama “Taman Wisata Grenden” yang diresmikan melalui penandatanganan kerja sama oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ketika memasuki lokasi Bukit ini, kalian akan disambut dengan hutan pinus yang menjulang tinggi sepanjang jalan hingga sampai dilembah hijau.Wisata Grenden menawarkan pesona alam yang sangat menawan. Objek wisata yang satu ini menyajikan daya tarik berupa keindahan alam yang masih asri ,dengan suguhan indahnya hutan pinus. Di sini, wisatawan dapat melihat rumah kurcaci atau rumah hobbit yang unik. Rumah hobbit atau rumah kurcaci yang ada di sini bentuknya sekilas seperti gubuk-gubuk biasa, namun menjadi unik karena rumah tersebut dibangun di punggung bukit di ketinggian 1.600 mdpl, dibangun di tengah hutan, menghadap pemandangan perbukitan di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Pengembangan wisata alam Bukit Grenden ini merupakan satu upaya dalam pelestarian alam melalui pengembangan wisata berbasis masyarakat , sehingga mampu mendapatkan manfaat baik dari sisi perekonomian maupun pelestarian lingkungan. Kawasan Hutan Wisata Pakis, Magelang, Jawa Tengah memang memiliki pesona tersendiri. Pemandangan gunung yang indah dan udara yang sejuk membuat kawasan ini ramai dikunjungi. Tempat wisata alam Grenden ini adalah satu dari sekian destinasi wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Berdasarakan sistem zonasi, satu di antaranya di Grenden ini masuk ke dalam zona pelestarian alam tradisional, dimana upaya pelestarian alam melibatkan masyarakat.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *