Robot Animatronic Buatan Disney Ini Bisa Berkedip Seperti Manusia Asli

Perkembangan teknologi saat ini memang semakin pesat dimana banyak sekali teknologi baru yang hadir untuk membantu aktivitas manusia. Salah satu hal yang paling menarik perhatian banyak orang yaitu kehadiran robot pintar berbasis Artificial Intelligence.

Namun baru-baru ini tim peneliti dari Disney telah mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seperti apa tampilan dari robot buatannya yang bisa melakukan hal-hal layaknya manusia asli. Diketahui bahwa robot tersebut memiliki pergerakan kelopak dan bola mata yang sangat mirip dengan manusia.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa robot buatan Disney ini masih tampil tanpa kulit buatan sehingga kita bisa melihat seperti apa komponen bagian dalam dari robot tersebut ketika kelopak matanya tertutup dan terbuka kembali.

Disebutkan bahwa robot ini dapat meniru gerakan manusia asli mulai dari melirik, menggerakkan kepala, dan juga meniru gerakan kepala manusia saat sedang bernapas. Hal tersebut membuat robot ini terlihat seperti manusia asli dan cukup mengerikan.

“Video ini mendeskripsikan pengembangan sistem robot-manusia dengan interaksi seperti manusia asli. Kami menghadirkan sistem yang bisa menghadirkan interaksi yang mendemonstrasikan ilusi kehidupan,” tulis deskripsi dari video yang diunggah oleh pihak Disney Research Hub.

Sampai saat ini belum diketahui tujuan Disney dalam membuat robot animatronic tersebut. Mungkin saja di masa depan robot ini bisa muncul di Disneyland untuk menakut-nakuti para pengunjung.

sumber: indozone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *