Rekomendasi Jajanan Khas Magelang, Ada Getuk Trio Sampai Wajik Week

Mulai dari kuliner, wisata alam, wisata belanja hingga wisata sejarah dan budaya bisa dinikmati saat liburan ke Magelang. Liburan ke Magelang tentu tak boleh pulang dengan tangan kosong. Pasalnya, ada banyak jajanan dan kuliner khas Magelang yang bisa dibawa pulang.

Satu di antara banyak pusat oleh-oleh di Magelang, kamu bisa datang ke kios oleh-oleh dan roti Lezat yang ada di kawasan pertokoan Terminal Lama Magelang. Kira-kira, apa saja oleh-oleh apa saja yang bisa dibawa pulang seusai liburan ke Magelang? Berikut daftar oleh-oleh khas Magelang yang bisa kerabat muda bawa pulang untuk keluarga di rumah:

  1. Getuk Trio

Getuk merupakan makanan berbahan dasar singkong yang dihaluskan dan diberi perasa. Bedanya getuk khas Magelang dengan getuk lain di Jawa Tengah adalah teksturnya yang lembut dan terdiri dari tiga warna. Itulah sebabnya getuk tiga warna ini disebut getuk Trio. Sekardus getuk Trio dijual mulai harga Rp 30 ribu dan bisa awet hingga 2 hari setelah tanggal pembelian tanpa dimasukkan ke dalam kulkas.

  1. Grubi

Grubi termasuk jajanan lama khas Magelang yang terbuat dari ubi jalar yang dipotong lembut lalu digireng membentuk bola-bola dan dibumbui dengan gula jawa. Rasanya yang manis menjadi ciri khas masakan Jogja-Magelang, dan teksturnya renyah. Sebungkus Grubi di kios oleh-oleh Lezat harganya Rp 19 ribuan.

  1. Tape Ketan

Permen tape khas Magelang termasuk oleh-oleh buatan rumahan yang dikemas secara unik. Permen tape dibuat dari tape singkong yang dikeringkan hingga mengeras, lalu dipotongi kotak-kotak dan dibungkus dengan kertas minyak. Sebungkus permen tape di Toko Lezat dijual Rp 15 ribuan.

  1. Permen Tape

Permen tape khas Magelang termasuk oleh-oleh buatan rumahan yang dikemas secara unik. Permen tape dibuat dari tape singkong yang dikeringkan hingga mengeras, lalu dipotongi kotak-kotak dan dibungkus dengan kertas minyak. Sebungkus permen tape di Toko Lezat dijual Rp 15 ribuan.

  1. Keripik Getuk

Selain getuk Trio yang bertekstur basah, ada juga keripik getuk yang bisa awet hingga beberapa minggu. Kripik getuk dibuat dari singkong yang digetuk lalu dipotongi tipis-tipis, dikeringkan lalu digoreng. Sebungkus keripik getuk di Toko Lezat dijual mulai harga Rp 15 ribu.

  1. Tahu Gundul

Tahu khas Magelang yang bertekstur lembut memang sangat cocok dibawa pulang. Daripada bingung membawa pulang tahu kotak mentah, kamu bisa membawa tahu Magelang dalam bentuk makanan ringan yaitu Tahu Gundul. Tahu gundul rasanya gurih dan renyah. Sebungkus tahu gundul di Toko Lezat dijual seharga Rp 14 ribuan.

  1. Wajik Week

Wajik Week termasuk jajanan lawas khas Magelang yang sama populernya dengan Getuk Trio. Wajik biasanya dihidangkan bersama jajanan tradisional Jawa seperti onde-onde, klepon, jadah dan lain-lain. Wajik week terbuat dari beras ketan berkualitas premium, santan dan gula klapa yang dimasak bersamaan hingga tingkat kematangan yang pas. Satu kardus Wajik Week dijual mulai harga Rp 20 ribu untuk dus kecil.

 

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *