Punya Penyakit Jantung? Pantang Mengkonsumsi Makanan Ini

Kerabat muda, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah jenis makanan yang dikonsumsi.Sejumlah makanan baiknya dihindari untuk penyakit jantung agar mencegah penumpukan plak kolesterol dan memastikan tekanan darah normal.
Berikut makanan yang tidak baik untuk penderita sakit jantung, berikut di antaranya:

1. Makanan Cepat Saji
Hampir semua makanan cepat saji mengandung banyak karbohidrat tanpa diimbangi kandungan serat yang cukup.
Saat dicerna, kemungkinan besar karbohidrat dalam makanan tersebut menghasilkan gula yang kemudian masuk ke aliran darah. Dari proses tersebut mengganggu kinerja jantung dalam mempompa dengan baik.

2. Gorengan
Sesuai namanya, gorengan tentu mengandung banyak minyak. Minyak secara praktis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
Hal tersebut kemudian memicu gangguan aliran darah hingga obesitas. Studi-studi gizi tegas mencatat bahwa semakin sering seseorang mengonsumsi makanan berminyak, semakin besar risiko terkena penyakit jantung.

3. Makanan Beku
Makanan beku sering dipilih sebagai jalan pintas menyediakan makanan tanpa melalui proses masak. Makanan beku biasanya meliputi daging olahan, makanan bertepung, hingga sayur.Selain unsur tepung, biasanya makanan beku sering mengandung gula, lemak, dan natrium. Ketiga unsur tersebut bukanlah unsur makanan yang ramah untuk penderita penyakit jantung.

4. Es Krim
Es Krim merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk penyakit jantung karena tinggi gula dan lemak.
Es krim banyak mengandung unsur-unsur yang tidak baik bagi penderita penyakit jantung, seperti lemak dan gula. Kolesterol yang terkandung dalam es krim pun merupakan salah satu penyebab penyakit jantung terbesar.

5. Mayonnaise
Mayonnaise sering digunakan sebagai pelengkap makanan. Keberadaannya sebagai bumbu pada salad mengesankan bahwa mayonnaise adalah makanan sehat. Padahal, mayonnaise merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kalori dan lemak jahat.

6. Alkohol
Kebiasaan mengonsumsi alkohol sebaiknya dihindari orang dengan penyakit jantung. Konsumsi alkohol secara rutin terbukti melemahkan otot jantung. Ketika jantung tidak mampu memompa darah secara efisien, maka aliran darah akan terhambat dan berdampak ke organ tubuh lainnya.

Source : cnnindonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *