Punya Kemampuan Yang Lebih Superior Dari Manusia, Begini Cara Burung Melihat Dunia

Sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun lalu, insting hewan yang tajam bisa dimanfaatkan manusia untuk mendeteksi bahaya atau dipergunakan untuk membantu mereka di kehidupan sehari-hari. Salah satu yang menarik dalam kemampuan hewan adalah cara burung dalam melihat dunia.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa burung bisa melihat apa saja yang kita tidak bisa lihat.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature pada awal tahun 2019, ilmuwan berhasil mengungkapkan bahwa burung memiliki kemampuan melihat yang lebih superior jika dibandingkan manusia.

Burung merpati misalnya, mereka dianggap yang terbaik dalam pendeteksian warna sehingga sering digunakan dalam misi pencarian atau penyelamatan.

Penglihatan burung adalah tetrakromatik (tetrachromats), kondisi di mana mereka bisa melihat empat warna yaitu UV, biru, hijau dan merah.

Sementara penglihatan manusia mempunyai kemampuan trikomasi (trichromats) di mana kita dapat melihat tiga warna yaitu biru, hijau, dan merah.

Perlu digarisbawahi bahwa “warna” magenta UV yang diperlihatkan di sini telah dipilih untuk membuatnya terlihat bagi manusia.

Sebenarnya, itu adalah “warna yang salah” karena definisi sinar UV tidak memiliki warna.

Dikutip dari Boredpanda, Joe Smith, ilmuwan sekaligus ahli burung menjelaskan bahwa kemampuan melihat milik burung sangat luar biasa terutama untuk mendeteksi seluruh spektrum warna yang tidak terlihat oleh manusia.

Kembali pada tahun 2017, para ilmuwan, dengan bantuan spektrofotometer, meneliti lebih dari 100 spesies burung.

Mereka menganalisis warna-warna dari 166 spesies burung penyanyi (songbird) Amerika Utara yang tidak memiliki perbedaan fisik yang nyata antara jantan dan betina.

Dari sudut pandang manusia, pada 92 persen spesies terlihat sangat identik sehingga sulit dibedakan antara spesies jantan dan betina.

Ternyata, penelitian menunjukkan bahwa burung-burung ini memiliki warna yang tidak terdeteksi oleh mata kita.

Itu membuat mereka dapat mengetahui jenis kelamin dari spesiesnya sementara manusia kebingungan menentukan jenis kelamin spesies burung tertentu.

Misalnya, Yellow-breasted Chat (Icteria virens) jantan memiliki dada berwarna kuning yang terlihat oleh manusia. Namun sebenarnya, mereka mempunyai bulu berwarna ultraviolet yang hanya dapat dilihat oleh spesies burung.

Karena burung memiliki penglihatan yang superior, hewan tersebut bisa melakukan sesuatu yang luar biasa seperti pendeteksian tempat atau bahkan mendeteksi predator yang dapat mengancam nyawa mereka.

 

 

 

Source: Hitekno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *