Promosi Wisata, Film Karya Anak Magelang Akan Tayang di 17 Negara

Para talenta muda di Kabupaten Magelang beruntung mengikuti workshop pembuatan film bareng Viu Indonesia. Dalam ajang Viu Shorts yang digelar untuk musim kedua di Indonesia ini, Pemerintah Kabupaten Magelang memberi dukungan penuh sebagai upaya promosi pariwisata di wilayahnya.

Selama 3 minggu sebanyak 40 anak muda berbakat dari Kabupaten Magelang akan dilatih oleh tenaga profesional perfilman Indonesia. Mereka diajak menggali mitos ataupun potensi menarik di Kabupaten Magelang untuk diangkat dalam sebuah judul film.

“Harapannya potensi wisata bisa terekspos lebih luas, promosinya lebih bagus dan tentunya lebih banyak lagi wisatawan datang ke Kabupaten Magelang,” kata Plt Kabid Pemasaran dan Kelembagaan pada Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Zumrotun Rini dalam Media Gathering Viu Shorts di RM Brambang Salam Tempuran Kabupaten Magelang, Rabu (8/1/2020).

Menurut Zumrotun, kekuatan sebuah film mampu mengangkat daya tarik dan meningkatkan angka kunjung wisatawan di Kabupaten Magelang.

“Terbukti waktu film AADC 2 syuting di Puntuk Setumbu dan Gereja Ayam Borobudur, kedua objek wisata itu langsung viral dan melejit dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah bahkan negara lain,” tandasnya.

Selain mendapat ilmu dan pengalaman menarik selama proses pembuatan film, para generasi muda yang didominasi santri dari Kabupaten Magelang juga akan merasakan kebanggaan karena hasil karyanya akan ditayangkan dalam festival internasional.

“Film mereka akan ditayangkan di semua channel Viu di 17 negara. Tidak hanya itu, satu peserta terbaik akan mendapat beasiswa kuliah Sinematografi di IKJ (Institut Kesenian Jakarta) dan berkesempatan untuk bekerja paruh waktu bersama tim Viu Original,” ungkap SVP Marketing Viu, Myra Suraryo.

Para peserta akan dilatih mentor pekerja film profesional, diantaranya dari Bandung, Malang, Yogyakarta dan Magelang sendiri.

“Karya mereka sudah beredar di festival film internasional maupun nasional, dan sudah memproduksi serial original dari Viu,” imbuh salah satu pegiat film asal Magelang, Dermawan Hatta, dari Tumbuh Sinema Rakyat .

Viu Shorts! akan digelar di 20 kota baru di seluruh Indonesia selama periode 7 bulan, dimulai pada Agustus 2019 dan terus berlanjut hingga Maret 2020. Viu adalah layanan streaming hiburan melalui jalur digital yang tersedia di 16 negara termasuk Hong Kong, Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Myanmar, Afrika Selatan, dan negara-negara Timur Tengah seperti UEA, Arab Saudi, Mesir , Bahrain, Irak, Yordania, Kuwait, Oman, Qatar.

 

 

Source: Beritamagelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *