Pothil Cemilan Khas Magelang

(@876Unimmafm), Magelnag_Ada yang pernah nyobain camilah khas magelang yang namanya pothil? Bagi yang belum pernah makan Pothil , ga ada salahnya nyobain cemilan khas Magelang yang satu ini pokoknya dijamin bakalan ketagihan.

Bentuknya pothil sekilas seperti cincin berukuran besar. Camilan ini berbahan dasar ketela yang dicampur dengan tumbukan ketumbar untuk memperkuat rasa agar lebih gurih dan nikmat kerabat muda.

Camilan ini dapat dijumpai di pasar-pasar tradisonal atau di toko pusat oleh-oleh nih kerabat muda. Rasa yang gurih dan renyah menjadi tak heran mengapa camilan ini selalu laris di pasaran.

Bahan dasar dari pothil sendiri yaitu singkong. Singkong dikupas lalu dicuci dengan bersih setelah dicuci bersih singkong diparut dengan parutan mesin agar memperingan pekerjaan. Setelah di parut halus parutan singkong lalu didiamkan kurang lebih 3-5 hari.

Setalah didiamkan parutan singkong dicampur dengan tepung pati dan bumbu yang dihaluskan yaitu bawang putih, ketumbar, dan garam secukupnya. Lalu setelah dicampurkan adonan dibentuk seperti cincin dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari bambu.

Setelah dibentuk dengan cetakan adonan ditata rapih diatas nampan yang didiamkan untuk siap digoreng. Setelah itu pothil digoreng hingga keemasan lantas setelah matang pothil dikemas dalam kemasan plastik berukuran 1 kg. Harga pothil di kisaran Rp 20.000 sampai Rp 28.000 per kilogram.

 Pothil sendiri memiliki tekstur yang agak keras namun renyah membuat pothil menjadi salah satu cemilan khas menjadi alasan para wisatawan untuk memburu cemilan renyah dan gurih ini.

Buat kerabat muda yang belum mencoba, buruan cobaik so pasti ngemil kalian akan lebih asik dan nikmat apalagi ketika pothil ini dinikmati bersama-sama seru pastinya deh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *