Pernah Menimpa Orang Viking 1.400 Tahun, Inilah Asal-Usul Cacar dilacak

Kerabat muda tahu nggak sih saat ilmuwan di seluruh dunia tengah mencari tahu dari mana virus corona berasal, ahli virologi lainnya masih terus berjibaku mengejar asal-usul penyakit lain yang juga pernah memorakporandakan dunia, yaitu penyakit cacar. Kabar baiknya, jejak penyakit cacar itu akhirnya mulai terlihat. Peneliti berhasil menemukan DNA virus dari jenis cacar purba yang telah punah yang terdapat pada sisa-sisa arkeologi Zaman Viking di Eropa utara. Sampel DNA itu paling awal tertanggal 603 SM. Temuan ini pun memberi bukti genetik bahwa asal-usul cacar telah muncul setidaknya 1.400 tahun lebih awal dari catatan sebelumnya.

Seperti dikutip dari Medicalxpress, Jumat (24/7/2020) tim peneliti internasional telah mengurutkan genom dari strain virus yang ditemukan pada gigi orang Viking di seluruh situs pemakaman era Viking di Eropa utara. “Kami menemukan strain cacar baru di gigi orang Viking dan struktur genetik cacar itu berbeda dengan virus cacar modern yang diberantas pada abad ke-20. Kami tahu Viking bepergian ke Eropa dan sekitarnya dan mereka menderita cacar. Jadi kemungkinan pula orang Viking menyebarkan cacar,” ungkap Eske Willerslev, kepala peneliti studi ini. Lebih lanjut, peneliti menyebut informasi genetik berusia 1.400 tahun itu sangat penting, karena mengajarkan kita tentang sejarah evolusi virus variola yang menjadi penyebab cacar.

Selain itu, juga menambah pengetahuan para ilmuwan dalam memerangi penyakit virus yang muncul di masa depan.
Sebab, banyak cara bagi virus untuk bisa menyimpang dan bermutasi menjadi strain yang lebih ringan maupun lebih berbahaya.
“Pengetahuan dari masa lalu dapat melindungi kita di masa depan. Mutasi dapat terjadi kembali dan bisa menular melalui hewan, menjadi awal mula zoonosis lainnya,” tambah Barbara Mühlemann, peneliti dari University of Cambridge.
Cacar menyebar dari satu orang ke orang lain melalui droplet. Setidaknya sekitar 300 juta orang meninggal akibat penyakit ini pada abad ke-20. Penyakit cacar baru secara resmi diberantas pada tahun 1980 melalui upaya vaksinasi global. Ini menjadi catatan sebagai penyakit manusia pertama yang berhasil dimusnahkan. Sejarawan percaya asal-usul cacar mungkin sudah ada sejak 10.000 SM, tetapi sampai sekarang tak ada bukti ilmiahnya. Penelitian telah dipublikasikan di jurnal Science, Kamis (23/7/2020).

Sumber:Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *