PENGUMUMAN DAN TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP DAFTAR PEMILIH SEMENTARA (DPS) PADA PEMILIHAN WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA MAGELANG TAHUN 2020

Magelang _ (87,6Unimmafm),  20 September 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang hari Sabtu , 19 September 2020 melalui jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Magelang telah melaksanakan kegiatan Pemasangan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang merupakan salah satu dari rangkaian Kegiatan Pengumuman dan Tanggapan masyarakat terhadap DPS yang berlangsung dari tanggal 19 – 28 September 2020. Pemasangan pengumuman dilaksanakan di kantor-kantor kelurahan dan di balai RW/RT/tempat strategis yang tersebar di 17 Kelurahan dan 3 kecamatan.

DPS hasil kegiatan pemutakhiran data Pemilih yang dilakukan oleh KPU dengan dibantu oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS, dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), melalui kegiatan pencocokan dan penelitian
(Coklit), yang telah ditetapkan pada tanggal 14 September 2020 lalu.

Sebagai satu bentuk keterbukaan terhadap publik terkait dengan pemutakhiran daftar pemilih, maka KPU mempunyai kewajiban untuk mengumumkan DPS tersebut untuk dapat diketahui masyarakat.

Diharapkan masyarakat atau pihak-pihak yang berkepentingan bisa secara aktif untuk melakukan pengecekan terhadap pengumuman, apakah pemilih sudah tercantum dalam DPS tersebut atau belum dan dapat memberikan masukan serta tanggapan atau usulan perbaikan terhadap data pemilih yang tercantum dalam DPS., baik itu untuk perbaikan data, pemilih yang sudah Tidak Memenuhi Syarat (TMS), Pemilih yang berubah status dari atau menjadi TNI/POlRI, Pemilih yang bukan penduduk,Pemilih yang terdaftar lebih dari 1 kali, dan penduduk yang terdaftar di DPS tetapi sudah tidak memenuhi syarat .

Caranya adalah dengan melaporkan kepada PPS di kelurahan setempat dengan membawa bukti
indentitas pemilih yang dilaporkan. Dan apabila laporan setelah diverifikasi ternyata benar maka akan segera ditindaklanjuti oleh PPS bersangkutan.

Purwanti Juli Wardani; Divisi Perencanaan Data dan Informasi Kota Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *