PEMILIHAN SERENTAK 2020, 9 DESEMBER 2020

Pemilihan Serentak 2020 yang ditunda pelaksanaanya dikarenakan adanya bencana nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) segera dilanjutkan kembali. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menerbitkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020. Tahapan lanjutan pemilihan akan dimulai tanggal 15 Juni 2020.

Substansi perubahan yang mendasar, sesuai bunyi pasal 8B Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 “Pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena terjadi bencana nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020’. Kemudian pada pasal 8C, bahwa seluruh tahapan, program, dan jadwal Pemilihan serentak lanjutan harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ditetapkannya penerapan protokoler kesehatan pada setiap tahapan lanjutan pemilihan, KPU Kota Magelang sudah siapkan anggaran untuk pemenuhan perlengkapannya, seperti Masker, pelindung wajah, sarung tangan, thermogun, handsanitizer, sabun cuci tangan, tong air, disinfektan dan alat semprot. Perlengkapan tersebut nantinya akan digunakan pada seluruh tahapan pemilihan dan kegiatan-kegiatan yang berpotensi terjadinya tatap muka secara langsung.

Seperti diketahui, agenda tahapan pertama yang akan dilaksanakan KPU Kota Magelang sejak diterbitkannya Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 adalah penyusunan regulasi, pengaktifan kembali BP Ad Hoc dan pelantikan PPS.

Sumber: kpud-magelangkota. go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *