PELUNCURAN JERSEY & MEDALI BOROBUDUR MARATHON 2019 POWERED BY BANK JATENG

Magelang, 6 Oktober 2019 – Yayasan Borobudur Marathon dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan Harian Kompas, kembali menyelenggarakan peluncuran jersey dan medali sebagai bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng.

“Mengusung Tema Synergy and Harmony” Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng  Mengajak Komunitas dan Warga Desa untuk  Berkolaborasi” Pada tahun ini, Bank Jateng bersama Borobudur Marathon  membangun Pawone Borobudur Marathon yaitu program pengembangan UKM yang bertujuan  membantu masyarakat dalam memaksimalkan potensi ekonomi lokal dan nilai jual lokal,” ujar Supriyatno Ditektur Bank Jateng  dalam sambutannya.

Pawone Borobudur Marathon 2019 dibagi menjadi tiga program besar, yaitu Mbangun Cerita, Mbangun Pasar, dan Mbangun Wisata. Mbangun Cerita merupakan wadah bertukar cerita antara warga masyarakat di sekitar Candi Borobudur dan penyelenggara Borobudur Marathon 2019, agar pengalaman acara yang dihasilkan dapat dirasakan secara utuh oleh semua orang yang terlibat.

Mbangun Pasar merupakan proses membangun “Pasar Harmoni”, sebuah pasar hasil karya warga lokal di sekitar Candi Borobudur yang menyajikan makanan dan minuman khas Kabupaten Magelang. Mbangun Wisata adalah rangkaian program pelatihan dan pengembangan terhadap para pelaku pariwisata di kawasan Candi Borobudur yang memiliki misi untuk membantu mengembangkan ekosistem pariwisata yang memiliki khazanah lokal dan berdaya saing internasional.

“Pasar Harmoni” pertama kali dibentuk pada penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019. Pasar Harmoni, yang merupakan salah satu rangkaian sajian Pawone Borobudur Marathon  2019, memiliki ambisi untuk berkontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi lokal di sekitaran Candi Borobudur. Pasar Harmoni dibentuk melalui kolaborasi antara warga loka , penyelenggara Borobudur Marathon, dan hotel-hotel di sekitar Candi Borobudur. Warga lokal yang memiliki niat untuk membangun usaha kuliner diseleksi, dipilih, dan dilatih oleh juru masak eksekutif yang berasal dari Grand Artos Hotel & Convention, Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Hotel Puri Asri, dan Villa Borobudur Resort.

Kami percaya bahwa Pasar Harmoni akan memiliki peran penting, tidak hanya bagi penyelenggaraan Borobudur Marathon sebagai  sport tourism destination yang berkelanjutan, tetapi juga bagi kemaslahatan warga di sekitar Candi Borobudur. Hal ini merupakan aksi nyata Bank Jateng untuk meningkatkan perekonomian Jawa Tengah.

Dalam hal ini Bank Jateng bekerja sama dengan Harian Kompas menjadi sponsor Borobudur Marathon di tahun ke tiga selama acara berlangsung.

Acara yang diselenggarakan di Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center ini diikuti 350 pelari dari berbagai komunitas berbagai komunitas di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya.Acara dibuka oleh Supriyatno selaku Direktur Utama Bank Jateng dan diawali dengan berlari bersama sejauh 4,16 kilometer..

Acara dilanjutkan dengan peluncuran jersey dan medali oleh Bank Jateng sekaligus juga dengan utama, Generali selaku mitra asuransi resmi, Isoplus selaku mitra isotonik, Nestle Pure Life selaku mitra air mineral, dan Airy Rooms selaku mitra akomodasi penginapan lokal Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng.

Desain jersey tahun ini cukup berbeda dengan desain tahun-tahun sebelumnya. Filosofi desain  logo Borobudur Marathon 2019 adalah memberikan kesan yang lebih dewasa, seiring dengan bertambah matangnya Borobudur Marathon sebagai sebuah rangkaian acara lomba lari.

Selain peluncuran jersey, medali Borobudur Marathon 2019 juga diluncurkan. Selaras dengan jersey, desain medali Borobudur Marathon 2019 terinspirasi oleh kontur batuan yang menyusun Candi Borobudur yang dipadukan dengan grafik ikonis Borobudur Marathon, yaitu siluet tampak atas Candi Borobudur. Melalui medali ini, Borobudur  Marathon 2019 ingin bercerita bahwa Borobudur Marathon 2019 memiliki filosofi seperti Candi Borobudur yang
tersusun dari ribuan batuan kokoh yang saling mendukung satu sama lain sehingga menghasilkan bangunan candi yang kuat dan megah.

Terkait dengan persiapan menuju event Borobudur Marathon pendaftaran peserta lari melalui sistem balot sejumlah 17 ribuan namun kuota tersedia 11.000 dengan berbagai kategori yaitu Maraton, half dan 10k. Peserta selain berasal dari nasional juga dari 35 negara, Kenya, Rusia dan terbanyak dari Malaysia.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *