MITOS ATAU FAKTA SEREAL TIDAK BAIK UNTUK SARAPAN ?

Sereal merupakan bahan yang terbuat dari biji-bijian olahan yang biasanya dimakan dengan susu, yogurt, atau buah. Proses pengolahan biji-bijian tersebut seringkali menggunakan bahan yang mengandung gula dan karbohidrat tambahan sehingga mengkonsumsi sereal di pagi hari akan meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Selain itu, konsumsi gula terlalu banyak dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Anak-anak biasanya memilih serial karena kemasan, bentuk dan warnanya yang menarik. Justru kandungan gula yang tinggi berasal dari warna dan bentuk-bentuk sereal seperti bola,bintang, atau persegi panjang. Lho

“Seseorang yang mengonsumsi satu porsi rata-rata sereal anak-anak biasanya akan mengkonsumsi lebih dari 10 pon (setara 4,5 kg) gula setahun,” kata pakar nutrisi, Chelsey Amer, MS, RDN, CDN.

Penelitian mengatakan bahwa 34 persen kalori dalam sereal berasal dari gula. Dari 1.556 sereal yang diteliti, satu porsi 40 sereal melebihi 60 persen dari jumlah harian gula yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia. Lalu bagaimana memilih sereal yang memang baik untuk dikonsumsi?. Dikutip dari Healthline disarankan memilih sereal sarapan dengan gula di bawah 5 gram per saji karena dapat mengandung setidaknya 3 gram serat per porsi hal ini cukup optimal untuk kesehatan tubuh.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *