Mirip Soto, Ini Dia Nasi Lesah Khas Magelang

Kuliner satu ini sekilas mirip soto, hanya saja kuahnya dibuat dari santan. Karena disajikan saat kuahnya masih panas, makanan ini cocok untuk menghangatkan tubuh. Kamu bisa menikmati Nasi Lesah ini di Magelang, Jawa Tengah, daerah asal kuliner satu ini. Salah satu rekomendasi tempat menikmati kuliner satu ini adalah di Warung Makan D’Lesah. Warung ini berada di Jl Kalingga Nomor 15, Kota Magelang. Nama pemiliknya adalah Kasmi, generasi kedua pembuat Nasi Lesah setelah ibunya.

Hidangan lesah Kasmi sendiri menggunakan daging ayam kampung asli, sehingga rasanya terasa gurih dan meresap dengan kuah santan lesah yang khas. Disediakan lauk berupa kerupuk dan tempe medoan untuk pelengkap Nasi Lesah agar semakin terasa nikmat. Kasmi mengatakan, kuliner ini biasanya dinikmati saat malam hari. Tetapi di warung miliknya, pengunjung dapat mencicipi hidangan Nasi Lesah dari pagi hingga sore hari.

Warung Makan D’Lesah milik Kasmi memakai konsep jadul menyerupai warung-warung tempo dulu. Konsep ini ditunjukkan melalui pernak-pernik dan perabotan kuno di beberapa sudut warung. Di depan pintu masuk, ada sepeda jengki dengan topi putih model kolonial. Meja dan kursi makan menggunakan furniture kuno. Foto-foto yang menampilkan suasana Kota Magelang jaman dulu dipajang di dinding. Ada juga almari dan kaca bahulak yang sudah jarang dijumpai sekarang. Pengunjung yang menyantap Nasi Lesah di sana serasa bernostalgia dalam nuansa jaman dulu. Tembang atau lagu kenangan diputar untuk menambah kesan lama.

Harga untuk satu porsi Nasi Lesah yang nikmat hanya Rp 8 ribu saja. Minuman tradisional juga ada, seperti Wedang Uwuh dan wedang lain. Teh manis dan minuman lain pun tersedia untuk menikmati makanan ini. Hingga kini, Nasi Lesah buatan Kasmi masih mempunyai banyak pelanggan setia yang kebanyakan berasal dari Kota Magelang.

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *