Mertoyudan Menambah Lokasi Pengungsian Merapi

(UnimmaFm) Magelang- Pemerintah Desa Mertoyudan menyiapkan beberapa tempat pengungsian bagi warga lereng Merapi. Selain di TEA Balai Desa Mertoyudan, Pemdes setempat juga menyiapkan lokasi lainnya, yaitu Balai Dusun Banyakan, Balai Dusun Dampit yang masing-masing lokasi sudah terpasang 25 bilik.

“Dan satu lagi tempat pengungsian tambahan di SDN Kalisari yang belum terpasang bilik,” ucap Sekretaris TEA Desa Mertoyudan, Sigit Sugiarto, Senin (11/1/2021).
Sigit menjelaskan, Pemerintah Desa Mertoyudan mendapat tugas menyiapkan dan mencarikan tempat pengungsian tambahan yang dapat didirikan 550 bilik pengungsi. Dengan asumsi satu bilik untuk satu KK.
Hal itu sebagai antisipasi bila terjadi lonjakan pengungsian. Namun, harapannya Gunung Merapi tetap stabil.
Saat ini TEA Mertoyudan menampung warga pengungsi kaum rentan, yaitu ibu menyusui, anak-anak dan lansia, sejumlah 124 jiwa.
“Jumlah tersebut baru 25% dari jumlah warga yang sebenarnya. Karena masih banyak warga yang melakukan aktivitas sehari-hari di Dusun Babadan 2, belum mengungsi semuanya,” jelas Sigit.
Salah satu warga pengungsi di TEA Desa Mertoyudan, Sesepuh Dusun Babadan 2, Sunoto (90), mengaku tidak panik dengan adanya aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Dirinya bersama warga pengungsi lain tetap patuh dengan anjuran pemerintah untuk mengungsi.
.
(Can.Mi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *