Menilik Keindahan Destinasi Wisata Candi Mendut

Indonesia merupakan negara yang tak luput dari sejarah. Maka tak heran jika banyak bangunan peninggalan dari kerajaan masa lalu yang berumur ratusan tahun. Bangunan kokoh yang terdapat berbagai relief di dalamnya, menunjukkan keberagaman budaya dan kepercayaan di masa lalu. Bangunan peninggalan tersebut berupa candi yang merupakan tempat peribadatan umat Budha.

Terdapat ratusan candi di Indonesia yang sangat menawan dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Salah satunya adalah candi Mendut. Tempat ini terletak di Jl Mayor kusem, desa mendut, Kota mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya tak jauh dari candi Borobudur, hanya berjarak sekitar 3 km.

Candi Mendut merupakan bangunan peninggalan Dinasti Syailendra. Bangunan ini masih sangat kokoh, walaupun beberapa kali direnovasi. Termasuk dalam candi berukuran kecil, tetapi tidak mematahkan pesonanya dari candi lain. Candi ini dikelilingi oleh hamparan rerumputan hijau yang membuat suasana sejuk dipandang mata. Terdapat juga bangku panjang dibawah pohon rindang sebagai tempat untuk menikmati candi agar tidak kepanasan.

Di sekitar candi Mendut juga terdapat tempat-tempat yang menjual souvernir sebagai oleh-oleh. Mulai dari tas, topi, gelang, gantungan kunci dan masih banyak lagi. Jangan khawatir soal harga, karena barang-barang di sana harganya sangat bersahabat. Jika anda merasa lapar, di sana sudah banyak tempat kuliner yang wajib dicicipi. Terdapat juga tempat ibadah serta area parkir yang cukup memadai.

Tempat wisata bersejarah ini sangat cocok untuk kamu para pecinta Selfi. Di sana banyak spot foto yang menarik yang dapat kamu unggah di media sosial tercinta. Selain objek candi, di sana terdapat taman dengan berbagai jenis bunga yang mempesona.

Tempat ini dibuka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk memasuki lokasi candi Mendut kamu cukup membayar Rp. 3500 saja. Dengan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan beroda empat. Sangat murah meriah bukan? Selain menikmati keindahan dan keunikannya, kamu juga dapat mempelajari nilai-nilai sejarah candi Mendut yang belum banyak kamu ketahui. Jadi tunggu apa lagi, buruan serbu dan dapatkan pengalaman menariknya dengan berkunjung ke candi Mendut.

Laeli Nur Rejeki
PBSI UNTIDAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *