Mengungkap Asal Muasal Munculnya Tanaman Berbunga di Bumi

Kerabat Muda tanaman berbunga ( angiosperma) tidak serta muncul dan tumbuh begitu saja di Bumi. Miliaran tahun yang lalu, mereka sama sekali tidak ada. Bagaimana awal mula penyebarannya hingga memenuhi seluruh muka Bumi pun telah menjadi misteri bagi para ilmuwan. Kini, sekelompok ilmuwan berhasil memetakan bagaimana asal-usul, lokasi, dan juga waktu evolusi tanaman tersebut. Dalam studi yang terbit di Nature Ecology & Evolution, peneliti menggunakan catatan fosil angiosperma dengan sebanyak 238, data serta menerjemahkan dokumen dari berbagai bahasa.

“Fosil adalah bagian paling penting dari bukti yang diperlukan untuk memahami pertanyaan evolusi angiosperma,” papar ahli biologi evolusi Hervé Sauquet, dari the University of New South Wales seperti dikutip dari Science Alert, Senin (13/7/2020). Selain mengumpulkan ratusan catatan fosil, tim juga membandingkan fosil dengan lebih dari 16 juta titik data geografis. Ini untuk menunjukkan di mana lokasi tanaman bunga tumbuh. Dengan cara tersebut, peneliti pun dapat mengkonfirmasi bahwa angiosperma berasal dari lingkungan tropis. Selain itu, ahli biologi juga mengungkap bagaimana pengingkatan angiosperma yang cepat terjadi selama 140 juta tahun terakhir. Dalam kurun waktu tersebut tanaman berbunga menghasilkan 300.000 spesies yang kita kenal saat ini.

Memahami asal usul dan proses evolusi tumbuhan berbunga menjadi sesuatu hal yang penting mengingat tumbuhan berbunga merupakan sumbur makanan utama bagi sebagian besar organisme di darat termasuk manusia. Di samping itu juga, mempelajari tumbuhan berbungan akan membantu pelestarian ratusan spesies tanaman ini di masa depan. Sebab keberlangsungan hidup tanaman akan berpengaruh bagi umat manusia. Sebaliknya pula, kematian atau kepunahan tanaman bunga juga akan membawa imbas pada kita.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *