Mayones dapat Dibuat Masker Wajah, Begini Caranya

Mayones telah lama digunakan sebagai salah satu bahan dapur. Tak hanya sebagai pelengkap sajian, mayones juga bisa memberikan manfaat untuk menjaga kulit tetap sehat.

Mengutip Beauty Glimpse, kandungan telur dan minyak kedelai yang kaya membuat mayones dapat bekerja sebagai pelembut alami yang menenangkan kulit kering. Mayones juga dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Berikut beberapa cara untuk membuat masker wajah dari mayones, mengutip berbagai sumber.

1. Mayones dan madu

Mengutip Styles at Life, campuran mayones dan madu dipercaya dapat melembapkan kulit sekaligus membersihkannya dari bercak-bercak gelap.

Campur 1-2 sdt madu dan 1/2 sdt mayones dalam mangkuk. Oleskan campuran pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.

2. Mayones dan lemon

Campuran ini dikenal cocok untuk semua jenis kulit. Gunakan campuran mayones dan lemon untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Campurkan 2 sdt mayones dengan jus lemon dalam mangkuk. Oleskan campuran pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas serta keringkan.

3. Mayones, madu, dan lemon

Mengutip Bodsky, mayones dan madu memiliki sifat untuk mencerahkan kulit. Kombinasi antara ketiganya dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit.

Campur 2 sdm mayones, 2 sdm madu, dan 2 sdm jus lemon dalam mangkuk. Oleskan campuran ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lembut.

4. Mayones, minyak gandum, dan minyak tea tree

Minyak gandum mengandung vitamin E yang menjaga kulit tetap sehat.
Campurkan 1 sdm mayones, 1 sdm minyak gandum, dan 1 sdm minyak tea tree dalam mangkuk.

Oleskan campuran ke wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit. Cuci dengan air dan keringkan.

5. Mayones, oatmeal, dan gula

Oatmeal merupakan eksfoliator alami untuk kulit. Oatmeal membantu menenangkan kulit bermasalah dan membuatnya lebih lembut.

Campurkan 1 sdm mayones, 1 sdm oatmeal, dan 1 sdm gula dalam mangkuk. Gosokkan campuran pada wajah dengan lembut selama 3-5 menit. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dan keringkan.

Kendati demikian, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya. Healthline mencatat bahwa produk yang mengandung telur-termasuk mayones-dapat berisiko buruk untuk kulit.

Beberapa risiko itu di antaranya reaksi alergi, iritasi kulit, dan gangguan pencernaan jika tertelan.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminimalisasi risiko alergi.

Source: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *