Logistik Pilkada Magelang Didistribusikan Langsung Ke PPS

(@876Unimma)Magelang- Dua hari menjelang pemungutan suara  pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota  Magelang,  Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Magelang mendistribusikan  233  logistik pilkada tersebut.

Berbeda dengan daerah-daerah lainnya, pendistribusian logistik pilkada tersebut langsung ke 17 Panitia Pemungutan Suara ( PPS) yang tersebar di 17 kelurahan yang  ada di Kota Magelang.

“Kami mendistribusikan logistik pilkada ini  langsung ke masing-masing PPS. Karena lokasi  gudang penyimpanan  ke masing-masing PPS sangat dekat dan mudah dijangkau,” kata Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron, Senin (7/12).

Ia mengatakan, meskipun  perlengkapan pemungutan suara tersebut didistribusikan langsung ke masing-masing PPS, tetapi dari Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) hadir di masing-masing PPS pada penyerahan  tersebut.

Menurutnya, dengan  pendistribusian langsung ke PPS, maka formulir penyerahannya juga sedikit mengalami perubahan , yakni menggunakan formulir B.

“Untuk tanda terimanya untuk PPK menggunakan formulir A. Tetapi logistik pilkada ini langsung diserahkan ke  masing-masing PPS, maka menggunakan formulir B dan PPK hadir di masing-masing TPS,” ujarnya.

Logistik pilkada yang didistribusikan tersebutm berupa suara beserta kelengkapannya berupa bilik suara, surat suara, alat pencoblos, tinta dan formulir C1 serta kelengkapan lainnya.

 

Selain itu juga dibagikan alat pelindung diri bagi petugas KPPS seperti pelindung wajah, perlengkapan protokol kesehatan lainnya. Yakni, sabun cuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan plastik, alat penyemprot disinfektan,  thermo gun ( alat pengukur suhu badan) dan suplemen kesehatan.

“Untuk suplemen Kesehatan yang akan diberikan kepada seluruh anggota KPPS dan petugas linmas yang berjaga, berupa susu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, meskipun  dalam jangka dua hari menjelang pemungutan suara dan memasuki hari tenang, tetapi KPU Kota Magelang masih terus

melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas.

“ Sosialasi pilkada Kota Magelang ini ini terus kami lakukan, agar pelaksanaan pilkada  ini bisa berjalan aman dan lancar. Selain itu, sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat,”ujarnya.

Pada pendistribusian logistik tersebut juga mendapatkan pengawasan dari Badan Pengawas Pemilu ( bawaslu) setempat dan juga dikawal petugas dari Polres Magelang Kota.

Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu mengatakan, pengawasan tersebut dilakukan agar pendistribusian logistic tersebut bisa tepat waktu, tepat jenis dan tempat jumlah.

“Pengawasan yang kami lakukan hingga pendistribusian hingga tingkat PPS dan juga setelah masa pemungutan suara tersebut dilakukan,” kata Endang.

(rri.Dys)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *