KONTROL EMOSI DENGAN BERSEPEDA

 

Olahraga punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi otak dan kejiwaan. Tak terkecuali bersepeda, yang diklaim punya efek positif bagi pengendalian emosi.

Dokter jiwa dari RSJ Dr Soeharto Heerdjan Grogol, dr Safyuni Naswati, SpKJ, menjelaskan bahwa olahraga bisa memicu pelepasan hormon rasa senang. Ini membuat seseorang lebih rileks, bebas dari stres yang membebani. Olahraga juga mengaktifkan sistem saraf, sehingga bagus untuk otak. Selain meningkatkan fungsi memori, juga bisa mencegah pikun pada lanjut usia.

Lebih lanjut tentang berbagai manfaat tersebut bisa disimak sebagai berikut.

  1. Meningkatkan memori

Hippocampus (inti dari memori pada sistem otak) merespon sangat kuat terhadap kegiatan latihan olahraga, terutama aerobik. Olahraga akan menstimulasi sel saraf, meningkatkan jumlah neuron baru, dan membantu kelangsungan hidup sel-sel baru, sehingga dapat meningkatan kemampuan mengingat dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Memperlambat penurunan fungsi kognitif

Latihan selama 30 – 45 menit dengan berjalan cepat sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat membantu menangkal timbulnya demensia (penurunan daya ingat). Tak hanya itu, latihan untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kelincahan dapat memberi dampak positif yang besar bagi struktur otak dan fungsi kognitif dari sekelompok orang berusia lanjut.

  1. Membantu mengendalikan emosi

Latihan fisik secara rutin dapat mengendalikan emosi, baik untuk perasaan marah, sedih, dan bahagia. Para ilmuwan mengamati adanya perubahan dalam pengaturan diri dengan melakukan penelitian selama dua bulan. Hasilnya, para peneliti mencatat sejumlah perubahan positif dalam pola perilaku, diantaranya adalah penurunan stress, emosional, dan peningkatan kemampuan dalam mengendalikan emosi.

“Olahraga dapat memunculkan hormon rasa senang, salah satunya adalah dopamine (hormon pemberi mood baik).” Ujar dr Safyuni dalam sebuah diskusi online, Kamis (16/07/2020).

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *