Konservasi Menoreh Raih Juara Wana Lestari Jawa Tengah

(@876Unimmafm) Magelang-Pejuang lingkungan perbukitan Menoreh asal Kabupaten Magelang, Soim Setam, meraih penghargaan tertinggi dalam lomba Wana Lestari Tingkat Jawa Tengah 2020.

Warga Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang itu mendapat penghargaan tertinggi sebagai juara I dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah dalam bidang Penyuluh Kelompok Swadaya Masyarakat atau Kategori PKSM. 

Soim mengatakan perlombaan yang diikutinya sama sekali bukan merupakan tujuan dari gerakan konservasi dan penyelamatan alam lingkungan saja. Namun itu hasil perjuangan bersama dari rasa prihatin atas kondisi sosial alam masyarakat Menoreh. 

“Itu dari beberapa aktivitas penanaman dan pembangunan mindset kawasan kehutanan Menoreh,” kata Soim saat dihubungi, Kamis (19/11/2020).

Soim mengatakan penghargaan ini sebagai beban yang sangat berat namun pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Cabang Dinas Kehutanan (CDK) 9 Provinsi Jateng yang selama ini telah memberi dukungan dalam gerakan konservasi.

“Ini semua atas dukungan dari Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jateng 9 di Magelang melalui Aris Jatmiko, Mantri Kehutanan yang bertugas di Kecamatan Salaman,” jelas Soim. 

Pria yang akrab disapa Mbah Im ini berharap agar penghargaan yang diterimanya ini menjadi motivasi untuk menuju lebih baik dalam mewujudkan gerakan-gerakan konservasi yang bersifat kebijakan, organisasi rakyat pelestari alam maupun melakukan penghijauan penyelamatan kawasan perbukitan Menoreh.

Penyerahan hadiah dan piagam penghargaan ini dilaksanakan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Semarang, Kamis (19/11/2020).

Mantri Kehutanan CDK 9 Provinsi Jateng yang bertugas di Kecamatan Salaman Aris Jatmiko yang juga hadir dalam acara itu mengaku senang dan sangat terbantu dalam melaksanakan dan mengemban tugas negara.

“Semoga juara 1 PKSM Tahun 2020 ini bisa memberikan manfaat dan mampu memancing timbul kader kader baru di kawasan Menoreh,” harap Aris singkat.

(Ag.mi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *