Ketahuilah Manfaat Kemangi Yang Baik Untuk Kesehatan

Kerabat muda selain untuk memasak atau bahkan untuk lalapan, kemangi ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Nah, Berikut manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

1. Mengurangi stres oksidatif
Antioksidan sangat penting untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Jika menumpuk, stres oksidatif dapat mengakibatkan kerusakan sel dan penyakit. Sementara radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang berkembang sebagai hasil metabolisme dan proses alami lain. Radikal bebas ini juga bisa terbentuk dari kebiasaan merokok atau beberapa pilihan makanan.

2. Antiinflamasi
Kemangi dan sifat anti-inflamasinya yang kuat terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan. Dikutip dari Food NDTV, minyak esensial yang kuat–termasuk eugenol, sitronelol dan linalool–membantu menurunkan peradangan melalui sifat pelambatan enzimnya. Sifat antiinflamasi kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kondisi radang usus. Konsumsi kemangi juga bisa meredakan demam, sakit kepala, radang tenggorokan, masuk angin, batuk dan flu.

3. Kesehatan kulit
Minyak kemangi yang kuat akan membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit ini sangat baik dan cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Langkah ini juga membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Anda bisa membuat ramuan dari kemangi yang dihaluskan, pasta cendana dan air mawar. Oleskan racikan tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Basuh dengan air dingin. Sifat antiinflamasi dan antimikroba kemangi akan membantu mencegah jerawat.

4. Manajemen diabetes
Konsumsi kemangi dapat menyebabkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, ini penting untuk penderita diabetes. Tanaman ini memiliki kandungan glikemik yang sangat rendah.Minyak esensial yang ada dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol yang merupakan faktor risiko tetap di antara penderita diabetes.

5. Mendukung fungsi hati dan detoksifikasi tubuh
Sifat detoksifikasi yang kuat dapat membuat hal menakjubkan untuk kesehatan hati Anda. Hati merupakan orang yang sangat penting bagi tubuh karena memainkan peran penting dalam metabolisme. Sementara kemangi, dapat membantu mencegah penumpukan lemak di hati sehingga membuat kesehatan hati terjaga.

6. Melawan kanker
Kemangi termasuk salah satu bahan yang perlu Anda tambahkan ke daftar makanan untuk melawan kanker. Ini karena seperti dikutip dari Beat Cancer, kemangi kaya akan vitamin D yang berguna bagi mereka yang berjuang melawan kanker payudara.

 

Source : cnnindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *