KESALAHAN SAAT DIET

 

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan berat badan. Berbagai risiko penyakit kronis meningkat ketika berat badan tidak terkontrol.

Rajin olahraga adalah modal yang baik untuk mewujudkan berat badan ideal. Tetapi tentu bukan satu-satunya, butuh upaya lain seperti diet sebagai penunjang.

Beberapa orang mengeluh berat badannya susah turun meski rajin olahraga. Jangan buru-buru menyalahkan olahraganya, bisa jadi ada yang salah.

  1. Memakan makanan yang salah

Olahraga memang dapat menurunkan berat badan, namun jika seseorang tetap tidak menjaga pola makan sehingga melakukan olahraga hanya sia-sia. Beberapa orang berasumsi makan roti dapat membantu menurunkan berat badan, namun dikutip dari Health hindari mengkonsumsi roti kemasan karena memakan roti saja protein yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi. Sehingga tetap menjaga makan yang mengandung protein dan sayur.

  1. Terlalu banyak makan

Sebagian orang hanya berfokus pada gerakan olahraga saja, tak jarang saat kelelahan dan istirahat sehabis melakukan olahraga justru memakan cemilan yang dipercaya menambahkan energi untuk berolahraga kembali. Seharusnya saat seseorang ingin menurunkan berat badan, berhenti memakan cemilan sebelum kenyang dan carilah cemilan yang sehat seperti buah-buahan.

  1. Tidak mengangkat beban

Jika tujuan berolahraga ingin menurunkan berat badan, tidak cukup hanya berlari atau bersepeda saja namun harus mengurangi lemak seperti latihan kekuatan kardio karena membuat lebih banyak lemak terbakar. Jika belum siap untuk rutinitas kardio, latihan seperti push-up, dan squat dapat menurunkan berat badan.

  1. Terlalu banyak kardio

Kardio merupakan hal yang penting saat melakukan olahraga karena dapat membuat jantung lebih sehat, meningkatkan metabolisme, dan memberikan keringat yang lebih banyak. Namun, saat melakukan kardio terlalu berlebihan semisalnya 90 menit atau berjalan 10 mil setiap hari akan membentuk otot tanpa menghilangkan lemak sehingga tubuh lebih fokus pada daya tahan dibandingkan menurunkan berat badan.

Kardio memang dapat membantu seseorang menurunkan berat badannya namun jika berlebihan dapat meningkatkan nafsu makan yang akan membuat seseorang ingin ngemil secara berlebihan.

Sumber : Detik.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *