KENALI CIRI CIRI “PEOPLE PLEASER” ANDA SALAH SATUNYA?

“People pleaser” merupakan sifat seseorang yang selalu ingin menyenangkan orang lain dan merasa sungkan apabila tidak melakukannya. Apakah anda salah satunya? Yuk kenali ciri-cirinya.

1. Selalu berkata “Ya”, meski nyatanya kamu keberatan

Nah, salah satu ciri seorang people pleaser adalah selalu mengatakan ya, meski nyatanya kamu keberatan. Seorang people pleaser sangat enggan untuk mengatakan tidak, sehingga Ia akan mengiyakan semua ajakan yang ditujukan kepadanya. Mulai ajakan jalan, nongkrong hingga sebuah bantuan yang memberatkan ia.

Sulitnya untuk mengatakan tidak ini didasari adanya rasa tidak enak ketika menolak sebuah permintaan. Meski menolong itu baik, tapi perlu diingat, ya untuk tahu batasan dari diri kamu. Kalau kamu termasuk orang yang sulit mengatakan tidak, belajarlah mulai sekarang dan pahami sejauh mana batasmu.

2. Selalu was-was dan takut dengan perasaan orang lain

Tak jarang seorang people pleaser mengambil jalan diam untuk menyelamatkannya. Bukan karena dia tidak tahu atau enggan menanggapi, melainkan karena ketakutannya apabila salah berbicara atau menyakiti lawan berbicaranya. Tak jarang, people pleaser memilih menyembunyikan apa yang diketahuinya.

Sebelum berbicara, seorang people pleaser sangatlah berhati-hati dalam menyiapkan kata. Bahkan, meski nyatanya lawan berbicaranya sangat santai dan tidak tersinggung, people pleaser masih terngiang-ngiang dan memikirkan setelah percakapan usai hingga sepanjang malam. Dan jatuhnya, membuatnya gelisah dan tidak bisa tidur.

3. Berpura-pura baik-baik saja, nyatanya kamu sedang terluka

Seorang people pleaser adalah seorang yang terbiasa mencurangi dirinya. Ia adalah sosok yang lihai dalam menyembunyikan perasaannya. Meski nyatanya dia tidak sedang baik-baik saja, nyatanya ia tetap berpura-pura untuk tampil sempurna.

Hal inilah yang membuat seorang people pleaser identik dengan karakter yang ceria, dan seolah tidak punya masalah. Keenggananmu untuk menunjukkan keadaanmu ini didasari oleh adanya rasa takut akan pandangan orang kepadamu.

4. Sering merasa bersalah dan mengucapkan ‘maaf’

Nah, ciri lain yang identik pula dengan seorang people pleaser adalah sangat mudah mengucapkan maaf. Meski nyatanya, mengucapkan maaf adalah hal yang baik dan wajib kita ucapkan. Tetapi, jika berlebihan juga tidak baik. Apalagi, seorang people pleaser sangatlah sering meminta maaf untuk sebuah kesalahan yang tidak diperbuatnya.

Meski ingin meringankan dan menyenangkan orang lain, selalu menanggung salah orang lain bukanlah cara yang tepat, lho. Untuk kamu yang sering menyalahkan dirimu. Yuk, damai dengan dirimu dan tingkatkan rasa percaya dirimu. Membuat kesalahan gak selalu negatif kok, itu sebuah pembelajaran yang sangat berharga juga.

5. Overthinking dengan pemikiran orang lain terhadap dirimu

Seorang people pleaser merupakan orang yang juga terlalu peduli dengan omongan atau pendapat orang lain. Tentunya jika dibiarkan akan membuat kamu hidup dalam bayangan serta ekspektasi orang lain bukan ekspektasimu sendiri.

Perlu diingat, kamu jauh mengenal dirimu sendiri dibandingkan orang lain. Tak semua pendapat atau pemikiran orang tentangmu itu benar, mereka hanya melihat luar atau dalam kondisi terntentu saja dan tidak setiap saat. Jadi, belajarlah abai. Ambillah yang sekiranya benar dan abaikan yang sekiranya tidak benar dan tidak membuatmu maju.

6. Memilih diam dan berpura-pura setuju untuk menghindari konflik atau perdebatan

Tak jarang seorang people pleaser memilih jalan diam untuk menyelamatkannya dalam sebuah rapat atau kerja kelompok. Meski sebenarnya dia punya pendapat atau pemikiran lain yang tak kalah keren, ia cenderung memilih diam atau berpura-pura setuju.

Seorang people pleaser sangat menghindari konflik, makanya dia lebih sering memilih diam, memendam atau setuju. Jikalau kamu demikian, belajarlah untuk mengeluarkan pendapatmu, ya. Gak ada yang salah, kok!

Sumber : idntimes

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *