Jelang Borobudur Marthon 2019 Powered By Bank Jateng

Even lari Borobudur Marathon powered by Bank Jateng , kerjasama  antara Pemerintah Jawa Tengah dan harian Kompas tinggal menghitung hari menuju Ahad, 17 november 2019 dengan total hadiah 2,7 M dan 3 kategori yaitu Marthon, Half Marthon dan 10 K.

Berbagai rangkaian kegiatan sudah berlangsung yang melibatkan berbagai pihak , baik dari Masyarakat sekitar Borobudur  rute yang dilalui para pelari ,  pemerintah daerah, stakeholder dan semua pihak untuk menyukseskan acara Borobudur Marathon 2019 tersebut.

Hari ini jum at 15 november 2019 adalah hari ke dua pengambilan race pack colletion  bagi para peserta di lantai 1 Grand artos hotel Magelang. Total peserta pada tahun ini adalah 10.900 peserta, baik dari dalam negri maupun dari mancanegara yang berasal dari 35 negara.  Pelari dari manca negara masih didominasi dari  negara Malaysia dengan kategori marathon sedangkan pelari dari 35 negara lainnya merata di semua kategori.

Selain Pengambilan race pack colletion di Grand Artos hotel ini juga berlangsung Pasar harmoni di Attium Artos Mall yang menyajikan stand kuliner  jajanan tradisional khass Magelang dan sekitarnya. Kemudian expo dihelat disekitaran  area race pack colletion dengan berbagai acara seperti Talkshow, workshop, kareoke dan keseruan lainnya.

Terkait perubahan Cuaca yang terjadi Panitia Borobudur Marathon akan terus mengamati perkembangan pergerakan yang terjadi sampai dengan hari h. Menurut Budi Sarwiadi Manager even Harian Kompas ” untuk mengantisipasi cuaca maka akan lebih memperbanyak pos guyur untuk kilo meter terjauh dan himbauan juga ke  warga untuk menyediakan Air lebih banyak”. disampaikan di Race Pack Colletion Grand Artos  Hotel Magelang (14/11)

Seperti tahun- tahun sebelumnya, para pelari disediakan water stasion, namun di tahun ini jaraknya lebih rapat, kemudian pos medis serta  diantaranya akan ditambah medis mobile sehingga diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan yang tidak diinginkan.

Masih menurut Manager event harian Kompas ” “Ada perbedaan kategori perebutan juara di Borobudur Marathon tahun ini , yaitu pada past runner qualified, jadi over All baik pelari nasional maupun manca negara akan bersaing untuk 5 podium , baru kemudian untuk nasional”. Harapannya semuanya mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan juara.

Ketika ditanya seberapa kemungkinan pelari Nasional untuk naik ke podium over all masih menurut Budi ” Peluangnya cukup besar di kategori Half marathon dan 10 K” . Nantinya total ada 70 pemenang dari semua kategori baik putra maupun putri , nasional maupun untuk internasionalnya.

Sedangkan untuk agenda esok jelang  Sabtu 16 november 2019 hari  h-1 dari Borobudur Marathon akan dilaksanakan  Friendship run yang diikuti sekitar 2000 pelari di area Candi Pawon kabupaten Magelang. Berlari dengan menikmati keindahan alam sekitar, budaya ,keramahan Masyarakatnya, Kuliner ,jajanan khass Pasar Sinergi dan Harmoni,  yang selaras dengan tema Sinegi dan Harmoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *