JANGAN SEPELEKAN UBI JALAR UNGU KARENA PUNYA MANFAAT BAGI KESEHATAN

Kerabat muda pasti sudah tidak asing dengan ubi jalar ungu, selain enak, empuk, mengenyangkan ternyata ada manfaatnya untuk kesehatan. Berikut manfaat ubi jalar ungu yang kami peroleh dari liputan6.

Kaya Antioksidan Pencegah Kanker

Ubi ungu kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin dan vitamin C. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Kerusakan radikal bebas terkait dengan banyak kondisi kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurodegeneratif.

Ubi ungu adalah sumber vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan hingga 35%, melindungi tubuh dari kerusakan sel oksidatif.

Stabilkan Gula Darah

Flavonoid dalam ubi ungu telah terbukti membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obesitas dan peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif meningkatkan risiko resistensi insulin, kontrol gula darah yang buruk, dan diabetes tipe 2.

Satu studi tabung mengamati bahwa ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati. Penelitian lain melaporkan bahwa suplemen ubi ungu mengurangi tingkat penyerapan gula darah pada tikus dengan kadar tinggi, menghasilkan peningkatan kontrol gula darah.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Ubi ungu memiliki efek menurunkan tekanan darah. Para peneliti percaya ini kemungkinan karena kandungan antioksidannya yang melimpah.

Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ubi ungu mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara yang mirip dengan obat penurun tekanan darah umum yang disebut inhibitor enzim pengonversi angiotensin.

Tingkatkan Kesehatan Usus

Ubi ungu penuh karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang baik, sejenis karbohidrat yang tahan terhadap pencernaan. Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa pati resisten dari ubi ungu meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan, dalam simulasi lingkungan usus besar.

Bakteri ini memainkan peran penting dalam kesehatan usus, membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan vitamin B.

Tingkatkan Fungsi Penglihatan

Ubi jalar ungu adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Ubi berukuran sedang menghasilkan 1.643 ekuivalen aktivitas retinol – retinol menjadi bentuk vitamin A yang digunakan dalam mengukur jumlah vitamin. Rekomendasi harian untuk vitamin A adalah 600 hingga 900 mikrogram setara aktivitas retinol.

Vitamin A sudah tak diragukan lagi perannya untuk kesehatan mata. Studi-studi tabung juga menemukan bahwa anthocyanin pada ubi ungu dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin signifikan bagi kesehatan mata secara keseluruhan.

Sumber : liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *