Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Liver

Hati atau liver merupakan organ yang penting dalam tubuh. Hati bertugas untuk menyaring darah dari saluran pencernaan dan meneruskannya ke seluruh tubuh.
Menjaga kesehatan hati dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk hati.

Hati juga berfungsi menyaring sari-sari makanan dan menghasilkan empedu. Hati juga bertugas mendetoksifikasi bahan kimia atau racun. Fungsi lain hati adalah me-metabolisme obat yang masuk ke tubuh serta membuat protein penting untuk pembekuan darah.

Gangguan pada hati dapat mengakibatkan masalah pada tubuh. Beberapa penyakit yang dapat menyerang hati di antaranya hepatitis, sirosis, kanker, dan gagal liver.

Sejumlah makanan dapat membantu menjaga hati tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Berikut makanan yang baik untuk kesehatan hati.

1. Brokoli

Studi menunjukkan brokoli dapat melindungi hati dari penyakit hati berlemak non-alkohol. Brokoli kaya akan serat yang baik untuk kesehatan hati.

Sayuran ini juga mengandung vitamin dan mineral yang memiliki fungsi antioksidan sehingga membantu mencegah peradangan.

2. Teh hijau

Seduhan teh hijau juga kaya akan antioksidan, salah satunya katekin.

Dikutip dari Web MD, studi menunjukkan katekin dapat membantu mencegah sejumlah kanker, termasuk kanker hati.

Pilih teh hijau alami untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

3. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam memiliki antioksidan yang kuat seperti glutathione. Jenis antioksidan ini membantu menjaga hati bekerja dengan baik.

Dikutip dari Medical News Today, kandungan senyawa nitrat anorganik dalam bayam dapat membantu mencegah penyakit hati berlemak non-alkohol.

4. Kopi

Studi menunjukkan, kopi bermanfaat untuk melindungi hati dari kerusakan karena lemak dan alkohol. Penelitian lain juga mendapati kopi menurunkan risiko kanker hati.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama kacang almond merupakan sumber vitamin E. Studi mendapati vitamin E dapat membantu mencegah penyakit hati berlemak.

Selain makan makanan bergizi, hindari pula mengonsumsi makanan berlemak tidak sehat. Sebab jika dibiarkan, kebiasaan ini akan membuat hati bekerja lebih keras.

Kurangi pula konsumsi gula karena gula bakal diolah menjadi lemak yang buruk untuk hati. Selain itu, hindari makanan cepat saji dan makanan olahan.

Mengonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan hati lambat laun bisa membuat bagian organ ini mengalami peradangan sehingga memicu munculnya sejumlah penyakit.

Masukkan makanan-makanan yang baik untuk hati dalam makanan sehari-hari agar hati tetap sehat. Konsumsi pula air putih yang cukup untuk membantu hati bekerja dengan baik.

Source: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *