INGIN MEMULAI BISNIS ONLINE? ADA TIPSNYA LOH

Bisnis online sangat diminati oleh banyak orang, selain mudah, fleksibel juga bisa mendatangkan omzet yang menggiurkan. Yuk simak tips memulai bisnis online.

1. Tentukan Mindset Yang Benar

Tujuan utama dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan juga supaya bisa melayani lebih banyak orang, serta lebih bermanfaat bagi sesama. Maka usahakan mengubah mindset, supaya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar, dan bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, dengan sendirinya akan menemukan alasan mengapa menjalankan bisnis online.

2. Mulai Dengan Jualan

Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat atau orang-orang di sekitar. Ciptakan sebuah bisnis yang bisa menjadi problem solver atau solusi atas kebutuhan dan keinginan orang-orang. Selain itu, menukar manfaat yang diberikan, bisa menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

Kehidupan yang dinamis membuat permasalahan dan kebutuhan manusia terus berkembang. Dengan kepekaan akan kebutuhan masyarakat, kamu bahkan bisa menghasilkan produk atau layanan, yang bisa dijadikan bisnis online baru.

3. Bisnis Online Tanpa Modal

Dalam keadaan minim modal, jangan khawatir melakukan bisnis online. Cukup dengan modal kuota internet, detikers bisa memulai bisnis online rumahan yang bisa dicoba. Dimulai dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor.

Atau selain produk, kamu juga bisa menawarkan keahlian atau jasa kepada konsumen. Seperti penulis freelancer, desain grafis, admin media sosial, vlogger profesional, pembuatan website online, pembuatan tutorial online, agen properti, dan sebagainya.

Baca juga: Pakai Drone, Kiriman Barang Amazon Sampai Kurang dari 30 Menit

4. Online Shop

Namanya juga bisnis online, maka penjualannya pasti memanfaatkan internet.
Yakni, membuat akun atau toko di situs marketplace, situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.

Bila brand bisnis online sudah dikenal, memiliki pelanggan, dan terpercaya, maka brand tersebut harus dikembangkan dan lebih serius dilakukan. Yang pertama yakni dengan online shop secara khusus, bisa mulai membuat website sendiri. Bahkan dari website tersebut, bisa dikembangkan menjadi aplikasi layanan atau start up.

5. Promosi Online

Berikan informasi produk atau jasa yang ingin dijual, melalui toko online maupun website. Usahakan untuk menampilkan profil usaha, logo bisnis, galeri produk, atau jasa beserta keterangannya, kontak yang bisa dihubungi, dan cara pemesanannya.

Sumber : detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *