Ingin Hemat? Lakukan Gaya Hidup Minimalis Ini

Jika biasanya kita sering mendengar rumah dengan gaya minimalis, belakangan ini ada tren gaya hidup yang juga minimalis. Gaya hidup minimalis ini memungkinkan seseorang untuk hidup hemat baik dalam segi keuangan, waktu, juga tenaga.

Mereka yang memilih gaya hidup minimalis ini akan hidup dengan sederhana, walau sebenarnya mungkin mereka mampu untuk membeli hal-hal yang mewah. Di kala banyak orang berlomba untuk tampil dan hidup mewah, mereka memutuskan untuk hidup sederhana dan secukupnya saja.

Berikut ini adalah beberapa gaya hidup minimalis yang bisa kita praktekkan agar bisa hidup dengan hemat:

1. Mengurangi belanja yang berlebihan

Dalam penerapan gaya hidup yang minimalis, maka kurangi belanja yang berlebihan. Belanja ini termasuk dalam hal pakaian, makanan, perabotan, kebutuhan hidup dan lainnya.

Usahakan belanja hanya secukupnya saja sesuai keperluan yang memang benar-benar kita butuhkan. Sebelum membeli sesuatu, tanyakan pada diri sendiri, apakah benda tersebut memang dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan. Bedakan antara benda yang memang dibutuhkan dan yang diinginkan.

2. Menyingkirkan benda yang mirip dan memiliki fungsi sama

Banyak dari kita yang tanpa sadar memiliki banyak benda yang sebenarnya mirip satu sama lain dan mungkin hanya berbeda warnanya. Bahkan bisa jadi benda-benda tersebut memiliki fungsi yang sama persis.

Bisa jadi kita membeli barang sampai berkali-kali karena barang tersebut terselip di suatu tempat karena ruangan yang berantakan. Seperti contohnya, kita membeli gunting berkali-kali karena gunting yang sebelumnya hilang entah di mana.

Untuk mengatasinya, jaga agar ruangan selalu rapi dan tertata. Hal tersebut agar ketika ada barang hilang, maka mudah ditemukan dan tidak perlu membuang uang untuk membeli barang yang fungsinya sama.

3. Membeli barang berharga mahal tapi berkualitas tinggi

Wajar jika kita sering tergiur harga promo atau diskon, namun hal tersebut bukanlah ciri dari gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis akan lebih mementingkan kualitas daripada harga.

Lebih baik membeli barang yang berharga mahal namun kualitasnya tinggi, awet dan tidak mudah rusak daripada membeli yang murah namun sangat mudah untuk rusak.
Misalnya ada pakaian dijual dengan harga Rp 100 ribu untuk jangka waktu pakai 1 tahun dan ada pakaian dengan harga Rp 20 ribu namun jangka waktu pakai hanya 1 bulan kemudian rusak.

Tentu akan lebih worth it ketika kita membeli pakaian seharga Rp 100 ribu tersebut namun awet dipakai setahun daripada Rp 20 ribu hanya untuk pemakaian sebulan.

4. Merawat barang yang dimiliki dengan baik

Merawat barang adalah salah satu keharusan dalam hidup minimalis. Ketika kita berhasil merawat barang dengan baik, maka barang tersebut juga tidak mudah rusak.

Kita jadi tidak perlu keluar uang untuk biaya servis atau membeli yang baru. Belajarlah untuk merawat apa yang sudah dimiliki daripada membeli yang baru kemudian memakainya dengan sembrono dan harus beli lagi di kemudian hari.

Source: kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *