Hari Ikan Nasional ke-6, Dinas Peternakan dan Pangan (Disperpa) dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Magelang Menginisiasi Gemari

MAGELANG – Ratusan anak-anak SD antusias mengikuti gerakan makan ikan (Gemari) yang diinisiasi oleh Dinas Peternakan dan Pangan (Disperpa) dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Magelang. Mereka unjuk kebolehan dalam menari, taekwondo, senam dan lainnya.

Gemari menjadi salah satu upaya untuk mendongkrak angka konsumi ikan (AKI) Kota Magelang yang masih rendah, sekitar 23,3 kilogram/kapita/tahun. Angka ini masih jauh dari AKI nasional yang disyaratan untuk kesehatan yakni 30 kilogram/kapita/tahun.

“Gemari bertujuan untuk menumbuhkan gemar makan ikan sejak dini untuk mewujudkan genarasi yang cerdas dan kuat. Gemari kali ini juga merupakan rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 tahun 2019,” jelas Kepala Disperpa Eri Widyo Saptoko, di sela kegiatan, Rabu (30/10/2019).

Kegiatan yang digelar di halaman Batalyon Armed 11 Kostrad Guntur Geni Kota Magelang itu diikuti oleh 300 anak-anak dari 14 SD di Kota Magelang, lalu tamu undangan dari unsur Kepala OPD, camat, lurah, organisasi wanita, masyarakat.

Tidak hanya pentas seni, kampanye gemarikan juga diisi dengan lomba aneka kreasi makanan olahan ikan yang pesertanya kaum ibu perwakilan kelurahan se-Kota Magelang.

Ketua Forikan Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito, menambahkan budaya makan ikan harus terus digalakkan, sebab ikan merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi sehingga baik dikonsumsi. Ikan jauh lebih murah dibanding dengan daging ayam.

“Daging ayam banyak obat-obatan, sedangan ikan kaya nutrisi, bisa dikreasikan menjadi camilan juga. Jadi gemarikan harus terus digalakkan agar masyarakat biasa makan ikan,” tutur Yetty yang juga Ketua Penggerak PKK Kota Magelang.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, meminta kepada dinas terkait untuk mempermudah akses pengusaha kecil yang memproduksi makanan olahan ikan ke hotel-hotel di Kota Magelang. Sebab setelah ia mencoba beberapa makanan olahan ikan peserta lomba rasanya tidak kalah dengan makanan yang dijual di hotel.

Ia juga mendorong para orangtua untuk sering masak atau mengajak anak-anak mereka untuk makan ikan. Ikan mengandung gizi yang baik untuk kecerdasan otak.

“Tidak hanya anak-anak, seluruh masyarakat Kota Magelang kita dukung untuk gemar makan ikan,” ucapnya.

Sementara itu, pemenang lomba memasak makanan olahan ikan diraih oleh perwakilan Kelurahan Magelang sebagai Juara 1, Kelurahan Potrobangsan (Juara 2) dan Kelurahan Kramat Utara (Juara 3).

 

humas pemkot magelang

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *