Gurihnya Nasi Godok Spesial Ayam Kampung Khas Borobudur

Selain nasi goreng dan bakmi godok, di sekitar Candi Borobudur ada sajian nasi godok atau sego godok dengan isian ayam kampung yang gurih mantap. Beragam makanan dijajakan di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beragam. Selain camilan ringan juga ada nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godok dan nasi godok di sekitar Candi Borobudur yang disajikan hangat mengepul.

Menu nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godok dan nasi godok enak dimakan saat malam hari. Karena udara yang semilir sejuk. Bagi yang berada di sekitar Borobudur, bisa mampir ke Warung Nasi Goreng Pak Parno Spesial Ayam Kampung. Selain daging yang disajikan ayam kampung asli juga memakai telur ayam kampung atau telur bebek. Sekalipun lokasi jualannya berada di Kampling Janan RT 04/RW 04 Borobudur, namun pelanggan datang dari berbagai kota. Warung tersebut dirintis sejak tahun 1989 ini oleh Suparno, yang dulunya pegawai Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Adapun warung ini mulai buka pukul pukul 16.30 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Untuk memasak semua hidangan tersebut masih menggunakan anglo. Sekalipun berada di kawasan kampung, namun bagi pengunjung yang memakai mobil pribadi maupun sepeda motor mudah menemukan warung ini.

Untuk nasi godok ini memang menggunakan bahan nasi yang telah matang. Adapun cara membuat nasi godok, pertama bumbu halus ditumis hingga wangi kemudian dituangi kaldu ayam kampung. Barulah dimasukkan telur ayam kampung atau bebek sesuai yang diinginkan pemesan. Terakhir ditambahkan nasi.

“Pertama bumbu gongso sampai terasa aroma angin terus dikasih kuah, setelah itu dikasih telur sampai mendidih, baru dikasih nasi. Ada juga yang minta ditambah bakmi. Ini sesuai selera pemesan,” kata Suparno yang biasa dipanggil Pak Parno, itu.

Selain menyediakan nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godok dan nasi godok, juga menyediakan minuman. Untuk satu porsi nasi godok maupun lainnya harganya Rp22.000. Rasanya gurih kaldu ayam kampung berpadu dengan nasi yang pulen dan telur yang gurih. Sebenarnya mirip dengan bakmi godok. Hanya saja isiannya nasi. Suwiran daging ayam kampung menambah enak nasi godok ini.

Karena dimasak langsung saat dipesan, nasi godok panas mengepul saat disajikan. Harus menunggu beberapa saat untuk menyantapnya. Rasa gurih hangatnya cocok dinikmati di malam hari. Ditambah sambal atau cabai rawit makin mantap. Sluurp!

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *