Search

Fatwa Muhammadiyah Tentang Menghisap E-Cigarette atau Vape Hukumnya Haram

Mtcc muhamamdiyah tobacco control center UM Mgl melaksanakan
Kegiatan SILATURRAHMI PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH DAN AISYIYAH
SE-JAWATENGAH DAN DIY
DALAM RANGKA
MENDUKUNG TERWUJUDNYA KAWASAN TANPA ROKOk di Kantor PP Muh jln Cik Ditiro Yogyakarta Jum at, 24 januari 20120.

Kegiatan silaturahmi yang dilaksanakan adalah paparan materi, diskusi, dan
sharing. Peserta dalam kegiatan ini berasal adalah dari Pimpinan daerah Muhammadiyah, Pimpinan daerah Aisyiyah dan Ikatan Pelajar serta unsur Muhammadiyah yang lain Sejateng dan Diy, dengan Narasumber dari MajelisTarjihdan Tajdid PP Muhammadiyah, Majelis Pembina Kesehatan Umum PP Muhammadiyah(dr.AgusSukaca,M.Kes), dan Bambang Eka Cahya WidodoS.IP,M.Si Dosen Fisipol UMY(Ketua Bawaslu RI 2008-2012), serta Drs Haryadi Suyuti, WalikotaYogyakarta.

Setiap upaya pembangunan harus dilandasi dengan wawasan kesehatan,dalam arti
pembangunan nasional harus memperhatikan kesehatan masyarakat dan merupakan tanggungjawab semua pihak baik Pemerintah maupun masyarakat.

Sehubungan dengan hal itu,maka Pemerintah menetapkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Di dalam Undang-Undang tersebut, pada bagian 17 tentang pengamanan zat adiktif dinyatakan bahwa yang dimaksud zat adiktif yang penggunaannya menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain di
sekitarnya,sehingga penggunaannya diarahkan agar tidak menganggu dan membahayakan kesehatan.

Selanjutnya dalam pasal 115 dinyatakan bahwa Pemerintah Daerah wajib menetapkan Kawasan Tanpa Rokok diwilayahnya yang meliputi fasilitas layanan kesehatan,tempat proses belajar mengajar,tempat anak bermain,tempat ibadah, angkutan umum,tempat kerja,dan tempat umum serta tempat lain yang ditetapkan.

Kewajiban setiap Pemerintah Daerah ini diperkuat oleh Pasal49 Peraturan Pemerintah RI Nomor 109 Tahun 2012  yang menyatakan dalam rangka penyelenggaraan pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk
tembakau bagi kesehatan, Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mewujudkan Kawasan Tanpa Rokok.

Namun demikian, di Provinsi Jawa Tengah hingga akhir tahun 2019, kabupaten/kota yang sudah menetapkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok baru 43% dan diProvinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 60%. Masih banyak kendala yang dihadapi daerah untuk menerbitkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa
Rokok, diantaranya adalah adanya pro dan kontra serta sejumlah kepentingan politik yang menghambat produk hukum tersebut.

Selebihnya disebutkan, e-cigarette sebagaimana rokok konvensional diakui mengandung zat adiktif dan unsur racun yang membahayakan. Dampak buruk e-cigarette dapat dirasakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berdasarkan logika, keharaman e-cigarette lebih kuat dibandingkan dengan rokok konvensional.

Hal itu karena  penggunaan e-cigarette tidak lebih aman dibandingkan dengan penggunaan rokok konvensional sesuai fakta ilmiah yang menunjukkan tidak ada satu pun pihak medis yang menyatakannya aman dari bahaya.

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi Islam terbesar diIndonesia. Mempunyai keprihatinan yang mendalam seiring maraknya konsumsi e cigarette atau vape dikalangan anak muda bahkan masyarakat secara luas sehingga sesuai Visi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang berlandaskan al-Qur’an dan as-Sunnah dengan watak tajdid yang dimilikinya senantiasa istiqamah dan aktif dalam melaksanakan dakwah Islam amarma’ruf nahi mungkar disegala bidang, maka berkewajiban turut menekan bahaya kesehatan yang timbul dari dampak e cigarette atau vape termasuk berbagai bentuk turunannya serta rokok konvensiaonal umumnya. sehingga menjadi rahmatanlilal-‘alamin bagi umat,bangsa,dan dunia kemanusiaan menuju terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang diridhai Allah SWT dalam kehidupan didunia ini.

Berkaitan dengan masalah perlindungan kesehatan masyarakat terhadap dampak zat-zata adiktif seperti yang dijelaskan dalam PP Nomor 109 Tahun 2012 tersebut, Muhammadiyah telah melakukan banyak kiprah, diantaranya adalaha) pada hari Senin,22 Rabiul Awal 143

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *